Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Bisnis

Dana Alokasi untuk UMKM Dinilai Masih Kecil

Deputi Sekretaris Eksekutif ASPPUK, M Firdaus menilai masih minim dana alokasi KUR bagi UMKM

Penulis: Adiatmaputra Fajar Pratama
zoom-in Dana Alokasi untuk UMKM Dinilai Masih Kecil
TRIBUN JABAR/GANI KURNIAWAN
Pengunjung melihat-lihat pakaian di salah satu stan dalam acara Jawa Barat Expo 2012 (JABEX 2012) di Graha Manggala Siliwangi, Jalan Aceh, Kota Bandung, Rabu (21/9/2012). Pameran yang berlangsung hingga 23 September 2012 ini diikuti puluhan pengusaha mikro kecil dan menengah (UMKM) Jabar. (TRIBUN JABAR/GANI KURNIAWAN) 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Deputi Sekretaris Eksekutif ASPPUK, M Firdaus menilai masih minim dana alokasi KUR bagi UMKM (usaha mikro, kecil dan menengah). Padahal, menurut M Firdaus UMKM merupakan salah satu strategi penanggulangan kemiskinan.

Dalam penjelasannya, M Firdaus menjelaskan kalau APNB 2013 dianggaran dana KUR (melalui kementrian UMKM dan koperasi) sebesar Rp 17,2 milyar. Sedangkan untuk tahun 2011 dialokasikan sebesar Rp 52,2 milyar, sementara itu jumlah UMKM di Indonesia sebanyak 53.823.732 orang.

"Maka bila dibagi dengan jumlah UMKM maka tidak akan mencukupi untuk membantunya dalam pengelolaan usaha,"ujar M Firdaus, Minggu (30/9/2012).

M Firdaus mengacu data informasi dari Bank Dunia yang menyatakan bahwa sebanyak 79 % masyarakat miskin Indonesia tidak memiliki akses kepada keuangan formal, seperti perbankan.

"Hanya 21% penduduk Indonesia yang berhubungan dengan layanan keuangan formal. (bank dunia, 2012),"ungkap M Firdaus.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas