Ini Daftar Peraih Trophy IPBA 2017

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Bertempat di Ballroom Hotel Mulia, Senayan, Jakarta, Majalah Property&Bank dan Aliansi Jurnalis Properti dan Keuangan (AJPK) kembali menggelar malam anugerah Indonesia Property&Bank Award (IPBA), yang tahun 2017 ini merupakan event ke XII kalinya.

Sejak mulai digelar pertama kali pada tahun 2005 silam, IPBA menjadi pelopor event penghargaan di industri properti, perbankan dan produk pendukung lainnya, yang tidak saja diikuti oleh penyelenggara lokal, namun juga Asia Pasific.

Dalam memberikan penghargaan, IPBA selalu mengedepankan hasil survey dan penilaian tim independen.

Penilaian berkesinambungan yang dilakukan bersama juri tetap yang berpengalaman, serta dukungan Litbang Redaksi yang secara rutin memberikan masukan dan hasil riset kepada tim.

Para penerima penghargaan IPBA menjadikan penghargaan ini sebagai referensi utama dalam memasarkan produknya.

Bahkan dalam rangka memperkuat tim juri pada IPBA tahun 2017, Majalah Property&Bank dan AJPK menggandeng IPMI Business School dengan menunjuk Prof. Roy Sembel, Ir, MBA., Ph.D yang merupakan Guru Besar IPMI Business School sebagai juri utama untuk bidang manajemen, pemasaran dan branding.

“Kami melibatkan Prof. Roy Sembel, Ir.MBA,Ph.D sebagai juri IPBA adalah untuk semakin menguatkan bobot penilaian kami dalam penyelenggaraan IPBA yang sudah ke 12 kali ini. Ketua Dewan Juri IPBA masih tetap kami percayakan kepada Prof. Ir. M. Danisworo M.Arch., MUP sebagai pakar urban planer senior dan guru besar ITB,” ujar Ketua AJPK Ir. Indra Utama yang juga Pemimpin Redaksi Majalah Property&Bank.

IPBA 2017 (Istimewa)

Selain kedua profesor tersebut, kata Indra, dewan juri yang masih aktif ikut memberikan penilaian kepada IPBA adalah Ir. B. Irwan Wipranata (UNTAR), Tommy Zhu (Investor Academy Singapore) dan  Zulfi S.Koto (The HUD Institute). Mereka adalah profesional yang memiliki kemampuan di bidangnya masing-masing.

“Industri properti pasti sangat perlu branding, yang selama ini masih banyak yang konvensional. Masih banyak hal-hal yang harus kita lakukan dalam hal branding. Dibanding ilmu-ilmu lainnya yang sudah dikenal ratusan tahun lalu, ilmu yang mempelajari tentang branding baru berkembang 1 atau 2 dekade ini. Sehingga, perlu diberikan apresiasi bagi mereka yang berhasil melakukan branding terhadap properti yang dikembangkan,” ujar Prof. Roy Sembel, Ir.MBA,Ph.D.

Mereka Yang Berprestasi

Di tengah maraknya event sejenis, masyarakat membutuhkan informasi yang benar dan mencari mana event yang bisa dipercaya dan kredibel.

Selama 12 tahun, IPBA selalu ditunggu masyarakat dan stake holder yang ingin mengetahui, siapa yang terbaik versi IPBA.

Event ini sudah mampu menjadi alat mengukur prestasi, motivasi dan temu bisnis antara pengembang, bank dan industri terkait lainnya.

Oleh karena itu, dalam menentukan siapa yang layak menerima penghargaan atau apresiasi, dewan juri bersama tim redaksi Majalah Property&Bank dan AJPK, telah melalui proses yang panjang selama 1 (satu) tahun.

Berbagai metode penilaian dilakukan untuk mendapatkan nominasi para penerima penghargaan Indonesia Property&Bank Award 2017.

Disamping penghargaan untuk developer, proyek-proyek properti yang terdiri dari berbagai kategori serta tokoh-tokoh properti dan perbankan yang fenomenal, IPBA kali  ini memberikan porsi  penghargaan yang besar dan apresiasi kepada tokoh yang tak kenal lelah mensukseskan program sejuta rumah.

Selain itu, IPBA ke XII juga memberikan penghargaan kepada perusahaan pengembang yang menyediakan perumahan bersubsidi, termasuk produsen bahan bangunan yang bersedia memotong marginnya agar harga produknya terjangkau, serta pimpinan daerah yang proaktif memberikan keringanan dengan membuat kebijakan yang pro MBR.

Diantaranya adalah Walikota Pekanbaru, DR.H. Firdaus, S.T,M.T yang mendapatkan penghargaan sebagai Pemda Inovatif dan Mendukung Pembangunan Perumahan Rakyat.

Lalu, pejabat daerah lainnya adalah Walikota Malang, H. Mochamad Anton yang sukses dengan ide cemerlangnya mengembangkan Kampung Wisata Kreatif.

“Kami juga berikan porsi penghargaan kepada produsen bahan bagunan yang punya komitmen mendukung program sejuta rumah, inovatif, serta prestasi jasa realestat agen. Harapan kami, setelah IPBA ini, akan semakin banyak lagi lahir perusahaan serta pimpinan daerah yang terbakar motivasinya untuk turut mendukung pemerintah, membantu pembangunan rumah rakyat,” ujar Indra Utama.

Sementara bagi desa-desa yang berprestasi, bersamaan dengan IPBA, digelar ABPEDNAS Award. Penghargaan diberikan langsung oleh Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi, Eko Putro Sandjojo.

Ke depan, ABPEDNAS Award yang digelar secara terpisah guna memberikan motivasi kepada desa desa lainnya agar bisa punya prestasi dan inovasi.

Hingga memasuki usia penyelenggaraan ke – 12 ini, IPBA sudah menjadi salah satu barometer bagi stake holder dalam melihat kinerja pelaku bisnis properti dan perbankan.

Pada tahun ini, total secara keseluruhan IPBA ke XII memberikan sebanyak 63 (enam puluh tiga) penghargaan kepada mereka yang berprestasi, mulai dari tokoh, developer, proyek properti dari berbagai kategori, pejabat daerah serta sejumlah desa di tanah air.

“Dengan beragam penghargaan tersebut, menjadikan Indonesia Property&Bank Award sangat berbeda dengan yang lain. Kami akan terus menjadi pendorong dan motivator agar industri properti dan perbankan serta bisnis ikutannya tetap bertumbuh dan menggerakan roda perekonomian negeri ini,” kata Adrian Putra, Ketua Panitia Penyelenggara IPBA ke XII tahun 2017.

Sementara itu, Ketua Umum DPP REI, Soelaiman Soemawinata mengatakan, industri properti saat ini tengah mengalami kondisi membaik dan diperkirakan semakin tumbuh.

“Untuk itu, kami sangat mengapresiasi kegiatan penghargaan seperti IPBA karena mampu memotivasi teman-teman tetap semangat berinovasi," jelasnya.

Sependapat dengan Soelaeman Soemawinata, Direktur Jenderal Penyediaan Perumahan PUPR Syarif Burhanuddin memberikan apresiasi atas kegiatan penghargaan kepada stakeholder properti dan perumahan yang dilaksanakan oleh Majalah Property&Bank dan AJPK, khususnya kepada pelaku, pimpinan daerah yang mendukung pembangunan dan program pembangunan sejuta rumah.

“Majalah Property&Bank sudah membantu kami, harusnya Pemerintah yang melakukan ini. Kegiatan IPBA ini suatu hal yang luar biasa, seharusnya pemerintah yang memberikan apresiasi kepada swasta, tapi justru ini sebaliknya swasta  memberikan apresiasi kepada pemerintah, “ kata Syarif saat tim Property&Bank melakukan audiensi ke Kantornya beberapa waktu lalu.

DAFTAR PENERIMA PENGHARGAAN IPBA XII TAHUN 2017

KATEGORI GRAND PROPERTY AWARD

1    Jahja Setiaatmadja, Presiden Direktur Bank BCA, (CEO of The Year 2017)          

2    Maryono, Direktur Utama Bank BTN, (The Most Favourite Leadership 2017 untuk perbankan)

3    Achmad Baiquni, Direktur Utama Bank BNI (The Most Favourite Leadership 2017 untuk perbankan) 

4    Jerry Hermawan Lo, Founder & CEO PT. Kontek Aja, (The Most Favourite Leadership 2017 untuk properti)      

5    Asmat Amin, Managing Director PT Sri Pertiwi Sejati Group, (The Most Favourite Leadership 2017 untuk properti)         

6    Iwan Sunito, Chairman & Group CEO Crown Group, (The Most Influential Property Person)    

7    Basuki Hadimuljono, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat. (The Most Popular Property Figure)    

8    Siswono Yudhohusodo, Ketua Yayasan Pendidikan Univ. Pancasila, (Lifetime Achievement untuk Property & Pendidikan)

9    Tanri Abeng, Tanri Abeng University, (Lifetime Achievement untuk Manajemen & Pendidikan)           

KATEGORI DEVELOPER OF THE YEAR 2017

10  Paramount Land

11  PT. Triniti Dinamik    

12  Adhi Persada Properti             

13  PT. Metropolitan Land Tbk

KATEGORI SPECIAL AWARD & MATERIAL BUILDING

14  Trimitraland, PT. Trimitra Propertindo, (The Best Newcomer Developer)

15  Ali Hanafia Lijaya, Direktur Li Realty,  (Pemasar Inovatif 2017)

16  Tuti Mugiastuti, Direktur Marketing PT Sri Pertiwi Sejati Group, (Pemasar Inovatif 2017)

17  Suwandi Hermawan S.E, Marketing Director Keller Williams All Property, (The Most Influential Property Agent in South Sumatera)

18  Arwana Keramik, PT Arwana Citramulia Tbk, (The best ceramic products that supporting low cost housing)

19  Germany Brilliant Sanitary, PT Golden Brilliant Sanitaryware, (The most innovation product with minimalist design)

20 GNET, PT Global Indonesia Asia S, (Pendatang Baru Ekspansif dalam Bisnis Bahan Bangunan Nasional)

21  Shunda Sucai Indonesia, PT SHUNDA SUCAI INDONESIA, (The Innovative And High Quality Building Materials)

22  Asuransi Jasindo Syariah, (The Most Favourite Sharia General Insurance)

23  ICE BSD City, Sinar Mas Land, (The Best Choice For MICE Professional In Indonesia)

24  PROVICES Group,  PT. Provices Indonesia, ( The Best Building Management Company In Providing Service Solution)

25  Ayla Dewi Anggraeni Aldjufrie MBA, Presiden Direktur Ayla & associate, (The inspiring social enterpreneur woman)

26  Century 21 Indonesia, (The Most Popular Brokerage Property)

27  Era Indonesia, (The Most Popular Brokerage Property)

28  Handoko Wignyowargo,  Maestro, (The Most Popular Public Speaker in Property and Banking Industry)

29  Lukas Bong, Era Max, (The Most Leadership Profesional  Realestate Agent)

KATEGORI KAWASAN, PERUMAHAN & KOTA BARU

30  Jakarta Garden City, PT Modernland Realty Tbk, (The Best Investment Township In Biggest Realland @ Jakarta)

31  Citra Raya Tangerang, PT. Ciputra Residence, (The Most Awarded Eco Friendly Township)

32  Citra Maja Raya, PT. Ciputra Residence, (The Largest and the most influential development in Banten)

33  Vimala Hills,  Agung Podomoro Land, (Resort Berkelas Dengan Panorama dan Udara Pegunungan di Lokasi Terdepan Kawasan Puncak)

34  Kota Baru Parahyangan,  PT. Belaputera Intiland, (The Best Large Scale Township Development In West Java)

35  Green Orchid Residence, Malang, Bumi Nusantara Megah Group, (The Luxury Green Development Township Concept)

36  Citraraya Mendalo Jambi, Ciputra Group, (The First and Largest Integrated City on the island of Sumatra)

KATEGORI POPULAR DEVELOPER, SUPERBLOCK, APARTEMEN & KONDOTEL

37  Eureka, Eureka Group, (The Most Creative Developer)

38  Intiland Development, PT. Intiland Development Tbk (The Most Innovative Developer)

39  Waskita Realty, PT Waskita Karya Realty, (The Next Icon Developer In Indonesia)

40  Citralake Suites, Ciputra Group, (The  Best New Concept of Luxurious Living)

41  Citraplaza Nagoya Batam, Ciputra Group, (The grandest and most beautiful apartments in the city of Batam)

42  Grand Shamaya, PT PP Properti Tbk, (Best Concept and Opportunity Investment Area in Surabaya)

43  Grand Dhika City Jatiwarna, PT. Adhi Persada Properti, (Best Mixed Use Development With World's Most Beautiful Village Concept)

44  Cartensz Residence, PT. JAYA BUMI CAKRAWALA, (The Most Innovative Apartment Concept In Serpong)

45  The Reiz Condo Medan,  Waskita Realty, (The Most Fabulous Residence In West Indonesia)

46  Dave Apartemen, PT. Diamond Land Development, (The best property investment choice nearby several of Universities)

47  Sentra Timur Residence, KSO Perumnas & PT. Bakrie Pangritaloka, (The best TOD concept Apartment at New CBD in East Jakarta)

KATEGORI PERBANKAN

48  Bank BCA, PT Bank Central Asia Tbk, Perbankan Nasional Buku  4, (The Best Building Corporate Image & Digital Banking)

49  Bank BRI, PT Bank Rakyat Indonesia, Tbk, Perbankan Nasional Buku  4, (The best bank with variable mortgage product)

50  Bank BNI, PT Bank Negara Indonesia (persero) Tbk, Perbankan Nasional Buku  4, (The Best Banking Technology Pioneer in Indonesia)

51  Bank Mandiri, PT. Bank Mandiri (Persero) Tbk, Perbankan Nasional Buku  4, (Bank Pilihan Terbaik Dalam pembiayaan KPR)

52  Bank BTN, PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk,  Perbankan Nasional Buku 3, (Bank Dengan Market Share KPR Terbesar)

53  Bank MNC, PT. Bank MNC Internasional, Tbk, Perbankan Nasional  Buku 2, (Perbankan Buku II Dengan Pertumbuhan KPR Yang Sangat Baik)

ABPEDNAS AWARD

54 Desa Ponggok,  Kecamatan Polanharjo, Klaten, Jawa Tengah, (Desa Berprestasi)           

55 Desa Sukamanah, Kecamatan Karangtengah, Kab.Cianjur, Jawa Barat (Desa Berprestasi)        

56 Desa Majasari, Kecamatan Sliyeg, Kabupaten Indramayu, Jawa Barat (Desa Berprestasi)

57 Desa Panggungharjo, Kecamatan Sewon, Bantul, Yogyakarta (Desa Berprestasi)

58 H. Syahrul M. Pasaribu, SH, Bupati Tapanuli Selatan, Sumatera Utara (Desa Berprestasi)

59 H. Ali Sutan Harahap, Bupati Padang Lawas, Sumatera Utara (Desa Berprestasi)

PEMDA INOVATIF & MENDUKUNG PEMBANGUNAN PERUMAHAN RAKYAT

60  H. Mochamad Anton, Walikota Malang, Jawa Timur, (Kampung Wisata Kreatif)

61  DR. H. Firdaus, S.T,M.T,  Walikota Pekanbaru,Riau, (Pemda Inovatif & Mendukung Pembangunan Perumahan Rakyat)

62  Martin Rantan, S.H, Bupati Ketapang, Kalimantan Barat, (Pemda Inovatif & Mendukung Pembangunan Perumahan Rakyat)

63  Joko Yuhono SH. MH. , Kajari Ketapang, Kalimantan Barat, (Pemda Inovatif & Mendukung Pembangunan Perumahan Rakyat)