Ini Sejumlah Faktor Pendorong Kinerja WOM Finance

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - PT Wahana Ottomitra Multiartha Tbk (WOM Finance) optimistis kinerja perusahaan akan semakin cerah di sisa tahun ini. Dalam paparan publik yang digelar hari ini (9/11), perseroan menjelaskan inisatif yang telah dilakukan dalam rangka perbaikan kinerja.

Presiden Direktur WOM Finance Djaja Sutandar mengatakan, di tengah penjualan sepeda motor baru yang diproyeksikan hanya naik 2%, pembiayaan masih mengalami peningkatan khususnya di merek Honda dan Kawasaki.

Mengekor, peningkatan juga terjadi pada pembiayaan multiguna (MotorKu dan MobilKu) yang telah memberikan kontribusi 41%. Jumlah ini terus meningkat dari posisi 2016 dan 2015 yang masing-masing baru mencapai 34% dan 26%.

"Perbaikan strategi collection dan penerapan grading juga menjadi salah satu langkah perusahaan dalam peningkatan kualitas pembiayaan," kata Djaja di Jakarta, Kamis (9/11).

Menurutnya, perbaikan strategi collection ini dilakukan dengan memberikan insentif yang tepat sehingga berdampak positif pada penurunan angka non- performing finance (NPF) menjadi 2,6% di sembilan bulan tahun ini.

Tren kredit macet tersebut terus membaik dari posisi akhir tahun lalu yang berada di angka 3,32% dan secara year on year (yoy) September 2016 lalu tercatat 3,84%.

Sampai dengan September 2017, laba bersih WOM Finance mencapai Rp 101 miliar, naik 78% jika dibandingkan dengan periode sama tahun kemarin yang tercatat Rp 57 miliar.

Pun demikian, dengan aset WOM Finance yang tumbuh 11% menjadi Rp 6,92 triliun. "Melihat pertumbuhan yang positif kami optimis menghadapi ketatnya persaingan industri pembiayaan. Dengan komitmen yang tinggi dan didukung oleh tim yang solid kami siap melangkah ke depan," tuturnya

Untuk itu, strategi yang dipersiapkan perseroan dalam jangka waktu ke depan seperti pengembangan jaringan usaha yang akan terus diperluas dengan melihat potensi di luar pulau jawa.

Lalu, penerapan IT Core sistem yang baru untuk mendukung pertumbuhan bisnis, proses perekrutan dan pelatihan yang baik untuk karyawan dan perbaikan kualitas portofolio secara berkelanjutan dengan menggunakan mobile survey dan mobile collection.

Berita Ini Sudah Dipublikasikan di KONTAN, dengan judul: Ini faktor pendorong kinerja WOM Finance