Pesawat N219 Nur‎tanio Dijanjikan Akan Bantu Pangkas Harga BBM dan Semen di Papua‎

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Seno Tri Sulistiyono

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Menteri BUMN Rini Soemarno menilai kehadiran pesawat N219 Laksamana Muda Anumerta Nurtanio Pringgoadisuryo akan membantu mendorong konektivitas antar pulau di Indonesia untuk menggerakan perekonomian nasional.

‎"Pemerintah punya program BBM satu harga atau semen turun harga di Papua, sarana transportasi seperti N219 akan sangat mendukung percepatan program pemerintah yang tentunya mampu mendorong percepatan pemerataan ekonomi," kata Rini di Halim Perdanakusuma, Jakarta, Jumat (10/11/2017).

‎Selain angkutan logistik, kata Rini, pesawat N219 Nurtanio juga bisa meningkatkan kemajuan pariwisata Tanah Air.

Keberadaan pesawat ini dapat mendorong kenaikan jumlah wisatawan yang berkunjung ke beberapa destinasi unggulan seperti Raja Ampat, Lombok, Kepulauan Riau dan wilayah terpencil lainnya.

Baca: Apa Saja Ubahan Anyar di Suzuki New SX4 S-Cross yang Siang Ini Mengaspal di Indonesia?

‎"Pembuatan pesawat ini juga akan diikuti dengan karya-karya lainnya di industri dirgantara, mampu memperbaharui dan meningkatkan kapasitas serta kapabilitas SDM," kata Rini.

Terkait pemberian nama pesawat tersebut oleh Presiden Joko Widodo di Halim Perdanakusuma, Rini menilai hal ini merupakan suatu bentuk apresiasi pemerintah atas kerja keras dan karya nyata anak bangsa dalam mendorong pertumbuhan ekonomi.

‎"Ini sangat penting bagi Dirgantara Indonesia dan bagi industri dirgantara Indonesia karena merupakan pembuktian bahwa bangsa Indonesia mampu merancang dan membangun sebuah pesawat murni 100 persen hasil karya anak bangsa," tuturnya.