Lokasi Mistis Kampung Manteos, Orang Terpilih Bisa Lihat Pentas Kesenian Makhluk Gaib

TRIBUNNEWS.COM, BANDUNG - Kampung Manteos di Kawasan Dago, Kecamatan Coblong, Kota Bandung, memiliki tempat bernuansa mistis yaitu Leuwibeurit.

"Jadi, Leuwibeurit itu semacam goa kecil di tengah Sungai Cikapundung yang ada di wilayah Kampung Manteos. Jadi, di Leuwibeurit itu ada semacam pergelaran kesenian gaib," ujar Edi Hidayat, seorang tokoh masyarakat di Kampung Manteos, kepada Tribun Jabar, Jumat (10/11/2017).

Kesenian gaib itu, sambungnya, masih sering didengar suaranya oleh warga sekitar.

"Saya kurang tahu sejak kapan Leuwibeurit dikenal karena nuansa mistisnya yang kental. Sampai sekarang, kadang-kadang warga juga sering dengar suara gamelan dari Leuwibeurit," ujarnya.

Baca: KPK : Tidak Ada Celah Bagi Setya Novanto

Baca: KPK Tidak Takut Jika Setya Novanto Ajukan Praperadilan Lagi

Jadi, lanjut Edi, konon, sejumlah makhluk gaib, kerap kali menggelar kesenian di Leuwibeurit.

Hanya orang yang terpilih saja yang bisa melihatnya.

Encas Andreas yang juga merupakan seorang tokoh di Kampung Manteos, mengatakan, banyak orang yang penasaran dan ingin berkunjung ke Leuwibeurit.

Seorang di antaranya, sambung Andreas, adalah mantan Wali Kota Bandung, Dada Rosada. Bahkan, Dada Rosada sempat terpeleset di Leuwibeurit saat berkunjung ke sana.

"Ya Pak Wali Kota yang dulu, Dada Rosada, pernah juga berkunjung ke Leuwibeurit. Mungkin penasaran seperti apa itu Leuwibeurit," ujarnya.

Saat Tribun Jabar berkunjung ke lokasi, Leuwibeurit merupakan sebuah batuan berwarna cokelat yang berada di tengah-tengah Sungai Cikapundung.

Pada batuan itu, terdapat sebuah lubang, gelap, memiliki lebar sekira 1,5 meter.

Konon, di atas batuan itulah, sering ada pergelaran kesenian yang diadakan oleh makhluk gaib.

Namun, sayang, daya tarik Leuwibeurit menjadi berkurang, karena, terdapat sejumlah sampah plastik yang berserakan di atasnya. (Yongky Yulius)

Artikel ini telah tayang di Tribun Jabar dengan judul: Kisah Mistis Leuwibeurit, Kerap Terdengar Suara Gamelan, Hanya Orang Terpilih yang Bisa Melihatnya