Peserta Kirab Pemuda Nusantara 2017 di Sulteng Antusias Sebar Kebhinekaan

TRIBUNNEWS.COM - Sejak dimulai dua bulan lalu, Kirab Pemuda Nusantara (KPN) 2017 sudah sampai di zona 2 Provinsi Sulawesi Tengah, 10 - 14 November 2017.

Jalur yang ditempuh meliputi Pohuwato - Parigi Moutong (melalui Pantai Cinta), Parigi Moutong - Kebun Kopi - Palu, Palu- Daonggala (melalui Mamasa - Morowali).

Para perserta KPN antusias mengikuti serangkaian acara program perjalanan menyebarkan semangat kebhinekaan pada pemuda nusantara dari Kementerian Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia.

"Tentunya ini kegiatan yang bagus menyatukan pemuda dan pemudi khususnya di Sulawesi Tengah dengan keberagamannya," kata satu dari puluhan peserta.

"Rasa toleransi harus dijunjung demi memupuk persatuan Indonesia lewat program positif," tambah siswa SMAN 1 Balinggi itu.

Semangat kebhinekaan ini membagikan rasa persatuan bersama dalam menjaga kebhinekaan Indonesia.

Program Kirab Pemuda Nusantara 2017 digelar untuk mengenal lingkungan lain seantero tanah air.

Dari Sabang hingga Marauke menjadi jalur KPN yakni tujuannya mengedepankan toleransi antar sesama di 72 Kabupaten/Kota dari 34 provinsi.

Kirab Pemuda Nusantara 2017 diiikuti oleh pemuda terbaik yang lolos dalam seleksi yang diadakan oleh Kemenpora.

Masing-masing provinsi diwakili oleh 1 orang laki-laki dan 1 orang perempuan sebagai Peserta Inti.

Selain itu Kirab juga diikuti juga oleh peserta yang berasal dari duta pemuda kreatif, pemuda pelopor, perwakilan pemuda berprestasi, mahasiswa/pelajar dan komunitas komunitas pemuda kreatif yang ada dari setiap daerah.

Ada sekitar 1 (satu) juta pemuda yang akan menerima manfaat langsung maupun tak langsung dalam memeriahkan kegiatan Kirab Pemuda Nusantara 2017.