Merunut Tradisi, Ganjar Sangat Berpeluang Kembali Dicalonkan di Pilkada Jateng

TRIBUNNEWS.COM, SEMARANG – DPP PDI Perjuangan sudah mengantongi satu pasangan calon yang akan diusung dalam Pilkada Jawa Tengah pada 2018 mendatang.

Sekjen DPP PDI Perjuangan, Hasto Kristiyanto, menyampaikan rekomendasi akan dikeluarkan jika momentumnya dinilai sudah tepat.

"Fit and proper (test) sudah selesai sehingga nama-nama sudah mengerucut. Tinggal momentumnya, kami bertahap. Kalau mengerucut, ya sudah satu pasangan," kata Hasto di sela rapat konsolidasi kader di kantor DPD PDI Perjuangan Jateng, Semarang, Kamis (9/11/2017).

Ketua Umum DPP PDI Perjuangan, Megawati Soekarnoputri, hadir dalam acara konsolidasi tersebut. Turut mendampingi Megawati, Ketua Bidang Politik dan Keamanan DPP PDI Perjuangan, Puan Maharani, Sekjen Hasto Kristiyanto.

Turut hadir anggota DPR RI Fraksi PDI Perjuangan dari Jateng, seluruh anggota DPRD provinsi dan kabupaten/kota dari PDI Perjuangan, serta para kepala daerah dari PDI Perjuangan.

Kala Megawati menyampaikan pemaparan, acara tertutup untuk media massa.

Hasto belum bersedia mengungkapkan, siapa saja nama-nama dalam satu pasangan yang telah dikantongi oleh DPP PDI Perjuangan.

Menurut dia yang tahu persis momentum tepat pengumuman calon dari PDI Perjuangan tersebut adalah Megawati Soekarnoputri.

Sebelum rekomendasi untuk Jateng diumumkan, akan terlebih dahulu diumumkan rekomendasi untuk pasangan calon Pilgub Bali dan Riau di Jakarta, Sabtu (11/11/2017).

Meski nama-nama yang dikantongi DPP PDI Perjuangan untuk Jateng belum diumumkan, tradisi politik partai ini sebenarnya mudah ditebak.

Hal itu diungkapkan Hasto, ketika ditanya sejumlah wartawan mengenai peluang petahana yakni Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo, dan Wakil Gubernur, Heru Sudjatmoko.

Tradisi di PDI Perjuangan, bagi kader partai yang mampu menjalankan pemerintahan dan oleh rakyat dinilai baik, maka petahana akan mendapat kesempatan untuk dicalonkan lagi.

Sementara itu, Puan Maharani mengungkapkan dari hasil survei sejumlah tokoh untuk diusung sebagai bakal calon di Pilkada Jateng, Ganjar masih tak tertandingi.

Hasil survei sangat memengaruhi DPP PDI Perjuangan dalam mengeluarkan rekomendasi kepada seseorang untuk dicalonkan.

"Kalau kita lihat dari survei, alhamdulillah incumbent masih kuat dan sampai saat ini belum ada calon yang menurut survei yang bisa mengimbangi," kata Puan.

Puan mengungkapkan soal rekomendasi untuk pasangan di Pilkada Jateng menjadi kewenangan Megawati. Masih ada waktu cukup panjang sampai batas akhir pendaftaran ke KPU, yakni pada 7 Januari 2018.

"Bisa saja PDI Perjuangan mengeluarkan kejutan bulan depan. Bisa saja. Yang jelas itu tidak mengganggu kesiapan, karena persiapan dan konsolidasi sudah dilakukan jauh hari," kata Puan.