Tribun
TribunJualbeli
Tribunnews.com
Tribun Network
About Us
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
No Thumbnail
Desktop Version

Panduan Membeli Rumah Di Australia

Jika Anda berpikir untuk memikirkan masa depan jangka panjang dan ingin membeli rumah di Australia, inilah panduan untuk masuk ke…

Jika Anda berpikir untuk memikirkan masa depan dan ingin membeli rumah di Australia, inilah panduan untuk masuk ke pasar properti dan membeli rumah pertama Anda.

Uang muka

Anggap kita tidak memiliki uang sebesar $600.000 atau sekitar Rp 6,2 miliar di rekening anda. Maka hal pertama yang perlu anda pertimbangkan adalah: memiliki uang tunai untuk uang muka pinjaman.

Idealnya, kita harus menabung sekitar 20 persen dari harga properti yang akan dibeli, ditambah sejumlah biaya tambahan seperti bea materai, yang akan kita bahas nanti. Bank memang tetap akan meminjamkan uang, meski kita tak memiliki uang muka yang nilainya 20 persen. Tapi artinya, angsuran untuk membayar cicilan akan lebih lama.

Jika uang muka yang diberikan kurang dari 20 persen, kita diwajibkan membayar asuransi pinjaman, atau namanya di Australia adalah lenders mortgage insurance (LMI). Ini adalah biaya yang ditambahkan pada pinjaman anda dengan tujuan melindungi bank atau lembaga kreditur lainnya, seandainya Anda tidak bisa melunasi pinjaman. Jumlahnya bisa ribuan dolar, tergantung besar kecilnya uang muka yang dibayar. Sayangnya, asuransi ini tidak melindungi kita.

Jika kita harus membayar LMI, ada kemungkinan juga harus membayar suku bunga yang sedikit lebih tinggi. Jadi, untuk properti senilai $ 600.000, sekita Rp6,2 miliar, harus memiliki uang di bank setidaknya $120.000, sekitar Rp1,2 miliar untuk menghindari biaya LMI dan mendapatkan kesepakatan terbaik.

Laura Higgins dari MoneySmart ASIC, lembaga yang memberikan konsultasi keuangan bagi warga Australia, mengatakan sangat penting untuk mencari tahu pilihan penawaran yang tersedia sebelum mengajukan pinjaman agar mendapat penawaran terbaik.

"Dalam hal ini bisa sangat berguna menggunakan jasa broker keuangan karena mereka bisa membantu menemukan pinjaman yang sesuai dengan, tetapi sekali lagi cari tahu lebih dahulu pilihan-pilihan lainnya.”

Pastikan kita memahami biaya-biaya untuk menggunakan jasa seorang broker. Simpanlah informasi dan catatan mengenai kesepakatan dengan mereka. Kelompok advokasi konsumen Choice baru-baru ini mengatakan mereka yang menggunakan jasa broker cenderung meminjam lebih banyak dan menempatkan diri mereka sebagai orang yang memiliki risiko hutang atau kegagalan lebih tinggi.

Iklan pinjaman KPR
Pastikan anda mencari tahu berbagai penawaran yang ada ketika hendak mencari pinjaman untuk membeli rumah.

ABC News: Michael Janda

Mencari pinjaman

  Loading comments...
berita POPULER
© 2017 TRIBUNnews.com All Right Reserved
Atas