Tribun
TribunJualbeli
Tribunnews.com
Tribun Network
About Us
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
No Thumbnail
Desktop Version

Giliran Wakil PM Australia Diterpa Isu Kewarganegaraan Ganda

Wakil Perdana Menteri Barnaby Joyce menjadi politisi terbaru yang diterpa isu kewarganegaraan ganda. Hari Senin (14/8/2017) dia meminta…

Wakil Perdana Menteri Barnaby Joyce menjadi politisi terbaru yang diterpa isu kewarganegaraan ganda. Hari Senin (14/8/2017) dia meminta High Court (Mahkamah Agung) untuk mengklarifikasi apakah dia berhak duduk di Parlemen.

Dalam pidato singkat di House of Representatives (DPR), Menteri Joyce menyatakan bahwa Komisi Tinggi Selandia Baru menghubunginya pada Kamis pekan lalu. Dia diberitahu mengenai adanya kemungkinan bahwa dia merupakan warga negara Selandia Baru karena ayahnya lahir di sana.

Menteri Joyce mengaku "kaget" mendengar kabar tersebut.

"Saya selamanya menjadi warga negara Australia," katanya.

Menteri Joyce yang juga merupakan pemimpin Partai Nasional yang berkoalisi dengan Partai Liberal dan saat ini berkuasa di Australia, terlahir di Kota Tamworth, New South Wales pada tahun 1967.

Dia mengatakan ayahnya lahir di Selandia Baru namun pindah ke Australia pada tahun 1947 "sebagai warga Inggris - sebagaimana halnya kita semua merupakan warga Inggris pada saat itu".

Dia menambahkan bahwa konsep mengenai kewarganegaraan Selandia Baru dan Australia belum ada sebelum tahun 1948.

"Baik orangtua saya maupun saya sendiri tidak pernah mengajukan permohonan untuk mendaftarkan saya sebagai warga negara Selandia Baru. Pemerintah Selandia Baru juga tidak memiliki daftar yang mengakui saya sebagai warga negara Selandia Baru," katanya.

Menteri Joyce mengatakan solicitor-general (semacam penasihat hukum pemerintah) telah menyarankan agar dia tidak akan didiskualifikasi oleh aturan Pasal 44 dari konstitusi.

Namun dia mengatakan telah meminta Mahkamah Agung untuk membuat keputusan mengklarifikasi situasi ini.

  Loading comments...
berita POPULER
© 2017 TRIBUNnews.com All Right Reserved
Atas