Tribun
TribunJualbeli
Tribunnews.com
Tribun Network
About Us
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
No Thumbnail
Desktop Version

13 Persen Transaksi Rumah Baru Di Australia Dikuasai Asing

Salah satu bank terkemuka di Australia, ANZ, menemukan permintaan luar negeri telah menjadi kontributor penting bagi booming konstruksi…

Salah satu bank terkemuka di Australia, ANZ, menemukan permintaan luar negeri telah menjadi kontributor penting bagi booming konstruksi di Australia baru-baru ini dan memainkan peran yang semakin meningkat di pasar real estat.

Studi yang dilakukan bank tersebut, yang memanfaatkan penelitian Bank Sentral Australia, memperkirakan bahwa investor asing membeli antara 35.000 dan 60.000 tempat tinggal di Australia sepanjang tahun 2015-2016.

Itu berarti pembeli asing menyumbang antara 7-13 persen dari semua total transaksi properti di Australia, dan proporsi tersebut jelas jauh lebih tinggi di lokasi tertentu yang populer di kalangan investor luar negeri dan lebih rendah di bagian lain di Australia.

Dengan menggunakan data FIRB dan serangkaian asumsi-asumsi, ANZ memperkirakan investor asing  telah membeli antara 30.000-50.000 tempat tinggal baru di tahun 2015, yang mewakili antara 15 dan 25 persen tempat tinggal yang baru dibangun.

"Permintaan luar negeri jelas merupakan salah satu pendorong kekuatan dalam profil investasi hunian Australia," imbuh ekonom senior ANZ, Daniel Gradwell.

"Jika permintaan ini surut secara tiba-tiba, saluran konstruksi Australia kemungkinan akan lebih lemah dari yang diperkirakan saat ini."

Bank ANZ juga menyimpulkan bahwa, jika orang asing membeli sekitar 25 persen dari apartemen baru, ini menunjukkan bahwa sekitar 80 persen pembelian asing adalah apartemen dan 20 persen sisanya adalah rumah tapak, dengan harga rata-rata $ 620.000 (Rp6,3 miliar) secara nasional untuk tahun 2015-16.

Kesimpulan ANZ ini diambil  mengacu pada hasil analisis data Bank Sentral Australia dan Dewan Kajian Investasi Asing (FIRB).

Bank ANZ mengasumsikan bahwa 30-50 persen persetujuan FIRB menghasilkan pembelian properti.

4% perumahan di Australia dikuasai asing

Sementara pembeli asing merupakan bagian penting dari pembelian rumah baru, namun mereka mewakili bagian kecil dari total aktivitas pasar properti di Australia yakni senilai 7-13 persen dari omset.

  Loading comments...
berita POPULER
© 2017 TRIBUNnews.com All Right Reserved
Atas