Tribun Bisnis
TribunJualbeli
Tribunnews.com
Tribun Network
About Us
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
No Thumbnail
Desktop Version

MNC 36 Ramaikan Pasar Modal Indonesia

Indeks MNC36 juga dapat digunakan sebagai produk investasi dengan menjadi underlying dan Exchange Traded Fund (ETF), reksa dana atau produk derivatif.

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA  -- PT Bursa Efek Indonesia (BEI) kembali mengeluarkan indeks harga saham baru. Pada hari ini Rabu (28/8/2013) pihak BEI bekerja sama dengan Media Nusantara Citra (MNC) Group meluncurkan Indeks MNC36.

CEO MNC, Hary Tanoesoedibjo mengatakan peluncuran Indeks MNC36 merupakan salah satu indeks yang terdiri dari 36 emiten terpilih yang tercatat di BEI.

Ia pun berharap indeks ini dapat dijadikan acuan oleh pelaku pasar untuk mengukur kinerja saham dengan prospek pertumbuhan tinggi.

"Kita harapkan dapat dijadikan acuan karena melihat Price Earning Ratio (PER), Operating Profit Margin (OPM), Debt Equity Ratio (DER), Price Book To Value (PBV) tertinggi dalam IHSG dan diharapkan menjadi unggulan di indeks," jelasnya di Jakarta, Rabu (28/8/2013).

Indeks MNC36 juga dapat digunakan sebagai produk investasi dengan menjadi underlying dan Exchange Traded Fund (ETF), reksa dana atau produk derivatif.

Dalam penghitungan penilaian Indeks MNC36 akan dilakukan setiap enam bulan, yaitu setiap bulan April dan Oktober setiap tahunnya. Komponen Indeks MNC36 akan diumumkan setiap awal bulan Mei dan November.

Hari dasar penghitungan indeks adalah Desember 2007. Nilai awal indeks adalah 100. Metode penghitungan Indeks MNC36 menggunakan pembobotan berdasarkan kapitalisasi pasar.

Peluncuran Indeks MNC36 bertujuan menjadi salah satu indikator bagi investor untuk berinvestasi saham di BEI sehingga investor dapat berinvestasi pada saham-saham emiten yang memiliki kinerja fundamental yang baik, kapitalisasi pasar yang besar, serta rasio keuangan yang positif.

Di sisi lain, peluncuran ini serta mengumumkan secara resmi pergantian nama PT Bhakti Investama Tbk (BHIT) menjadi PT MNC Investama Tbk, yang sebelumnya sudah mendapatkan persetujuan dari pemegang saham melalui Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) PT Bhakti Investama Tbk pada tanggal 2 Mei 2013 lalu.

Direktur Pengembangan BEI, Frederica Widyasari Dewi turut berharap indeks ini sebagai acuan atas saham-saham dengan kinerja fundamental yang baik dalam berinvestasi sekaligus bisa mendorong emiten untuk terus meningkatkan kinerjanya agar bisa terpilih masuk dalam Indeks MNC36.

Ikuti kami di
Add Friend
Penulis: Arif Wicaksono
Editor: Hendra Gunawan
  Loading comments...

Baca Juga

berita POPULER
© 2018 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas