Tribun Bisnis
TribunJualbeli
Tribunnews.com
Tribun Network
About Us
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
No Thumbnail
Desktop Version

BI Gandeng KSEI untuk Optimalkan Pengembangan Pasar Obligasi Negara

Bank‎ Indonesia (BI) bekerjasama dengan PT Kliring Penjaminan Efek Indonesia (KPEI) dalam hal pengoptimalan pengembangan pasar obligasi negara

BI Gandeng KSEI untuk Optimalkan Pengembangan Pasar Obligasi Negara
Seno
BI bekerjasama dengan KSEI Optimalkan penyelenggaraan kliring obligasi negara 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Bank‎ Indonesia (BI) bekerjasama dengan PT Kliring Penjaminan Efek Indonesia (KPEI) dalam hal pengoptimalan pengembangan pasar obligasi negara.

Deputi Gubernur BI, Sugeng mengatakan, kerjasama dapat mendukung rencana pemerintah untuk membuka alternatif perdagangan obligasi negara dalam meningkatkan aktivitas, diversifikasi investor, dan transparansi perdagangan di pasar sekunder.

"Penujukan (KSEI)‎ juga sebagai dukungan rencana implementasi electronic trading platform (ETP) untuk transaksi SBN (surat berharga negara) di luar bursa," tutur Sugeng, Jakarta, Senin (20/3/2017).

Menurut Sugeng, penyelenggaraan kliring transaksi obligasi negara ritel di luar bursa perlu dilakukan secara seksama, agar mekanisme pembentukan harga yang lebih transparan, serta meningkatkan likuiditas di pasar.

Tercatat, hingga pertengahan Maret 2017, total kepemilikan SBN senilai Rp 1.895,68 triliun, sedangkan total SBN yang ditransaksikan di pasar sekunder selama 2016 senilai Rp 7.527 triliun atau mencapai 400 persen dari outstanding.

"Sehingga perluasan kerjasama penyelenggaraan klring obligasi negara semakin penting," ucap Sugeng.

  Loading comments...
berita POPULER
© 2017 TRIBUNnews.com All Right Reserved
Atas