Tribun Bisnis
TribunJualbeli
Tribunnews.com
Tribun Network
About Us
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
No Thumbnail
Desktop Version

Inspirasi

Cerita Naufal Raziq tentang Penemuan Energi Listrik dari Pohon Kedondong

"Naufal menemukan listrik di tanaman kedondong pagar ini bertahap. Dimulai dari mangga belimbing asam jawa sekurangnya tiga tahun."

Cerita Naufal Raziq tentang Penemuan Energi Listrik dari Pohon Kedondong
TRIBUNNEWS/APFIA
Naufal Raziq, siswa kelas 3 Madrasah Sanwiyah Negeri 1 Langsa, NAD, penemu energi listrik dari pohon kedondong. 

Laporan Wartawan  Tribunnews.com, Apfia Tioconny Billy

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Berawal dari tugas sekolah, Naufal Raziq, bocah 15 tahun asal Langsa, Nangroe Aceh Darusalam (NAD) berhasil menciptakan listrik dari pohon kedondong pagar.

Siswa kelas 3 di Madrasah Sanawiyah Negeri 1 Langsa, NAD ini menceritakan awalnya ia mulai mengenal adanya kandungan listrik dari buah-buahan melalui pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) di sekolahnya.

Pertama ia diajarkan mengenai adanya listrik dari kandungan buah-buah asam seperti kentang, jeruk, dan mangga.

Setelah berhasil mencoba pada kentang, kemudian dia berpikir kalau buahnya asam maka pohonnya juga pasti mengandung asam yang kemudian membuat Naufal bereksperimen lebih jauh hingga berhasil menemukannya pada pohon kedondong pagar.

Untuk proses ini, siswa yang mengaku pengagum Thomas Alva Edison dan BJ Habibie, ini menghabiskan waktu hingga tiga tahun.

"Jadi Naufal menemukan dondong pagar ini terpikir oleh buah asam tentu saja di pohonnya mengandung asam. Naufal menemukan listrik di tanaman kedondong pagar ini bertahap. Dimulai dari mangga belimbing asam jawa sekurangnya tiga tahun," tutur Naufal saat ditemui di kantor kementerian ESDM, Jakarta Pusat, Jumat (19/5/2017).

Pohon kedondong pagar menurut Naufal memiliki batang yang besar dan mudah tumbuh sehingga dianggap mampu lebih cepat menyediakan listrik.

"Jadi masing-masing pohon itu ada keunggulannya. Kenapa kedondong pagar, karena memiliki batang yang besar dan mudah tumbuhnya. Jika kita kupaskan kulitnya dia tidak busuk. Malah menyembuhkan dirinya, recovery," ungkap Naufal.

Untuk menghasilkan listrik dari pohon ini dibutuhkan tembaga dan logam yang digunakan untuk mengubah asam menjadi listrik.

  Loading comments...
© 2017 TRIBUNnews.com All Right Reserved
Atas