Tribun Bisnis
TribunJualbeli
Tribunnews.com
Tribun Network
About Us
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
No Thumbnail
Desktop Version

China Ekspor Tekstil Buatan Korea Utara, Dilabeli 'Made In China' Dipasarkan ke Banyak Negara

"Kami menerima pesanan dari seluruh dunia," kata seorang pengusaha Korea-Cina di Dandong

China Ekspor Tekstil Buatan Korea Utara, Dilabeli 'Made In China' Dipasarkan ke Banyak Negara
WALL STREET JOURNAL
Industri tekstil di Korea Utara 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Perusahaan tekstil China semakin masif memanfaatkan pabrik-pabrik garmen Korea Utara karena enaga kerjanya yang lebih murah dan efisiennya jalur distribusi menguntungkan memperkuat bisnis tekstil kedua negara.

Reuters hari MInggu (13/8/2017) melansir, pakaian yang dibuat oleh industri garmen Korea Utara tersebut diberi label "Made in China" dan diekspor ke seluruh dunia.

Hal ini menampakkan sanksi ketat PBB dan embargo dari negara lainnya kepada Korea Utara tidak mematikan aktivitas perdagangan mereka. Sebab larangan ekspor testil tidak diatur pada sanksi yang dihadiahi kepada negara rezim komunis tersebut.

"Kami menerima pesanan dari seluruh dunia," kata seorang pengusaha Korea-Cina di Dandong, kota perbatasan China, dimana sebagian besar perdagangan melewati Korea Utara berada di kota tersebut.

Puluhan agen clothing beroperasi di Dandong, yang bertindak sebagai perantara antara pemasok pakaian dari China dan pembeli dari Amerika Serikat, Eropa, Jepang, Korea Selatan, Kanada dan Rusia, kata pengusaha tersebut yang meminta anonimitas.

"Kami akan meminta pemasok China yang bekerja dengan kami jika mereka berencana untuk terbuka dengan klien mereka - terkadang pembeli tidak akan menyadari bahwa pakaian mereka sebenarnya dibuat di Korea Utara, sebab ini sangat sensitif," katanya.

Baca: Tiga Tahun Pemerintahan Jokowi-JK, Daya Beli Landai-landai Aja

Menurut data dari Badan Promosi Perdagangan-Perdagangan Korea (KOTRA), pada 2016 tekstil merupakan ekspor kedua terbesar Korea Utara setelah batubara dan mineral, dengan total US$ 752 juta.

Total ekspor dari Korea Utara pada 2016 tercatat naik 4,6% menjadi US$ 2,82 miliar.

Baca: Amerika Serikat Segera Terjunkan Tim, Investigasi Praktik Bisnis Curang China

  Loading comments...
berita POPULER
© 2017 TRIBUNnews.com All Right Reserved
Atas