Tribun Bisnis
TribunJualbeli
Tribunnews.com
Tribun Network
About Us
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
No Thumbnail
Desktop Version

Darmin: Tiga Motor Penggerak Roda Perekonomian Tunjukkan Kinerja Positif

Menteri Koordinator Perekonomian Darmin Nasution menilai tiga dari empat pilar penggerak roda perekonomian sudah mulai membaik

Darmin: Tiga Motor Penggerak Roda Perekonomian Tunjukkan Kinerja Positif
Syahrizal Sidik
Menko Perekonomian Darmin Nasution 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Menteri Koordinator Perekonomian Darmin Nasution menilai tiga dari empat pilar penggerak roda perekonomian sudah mulai membaik, sehingga target pertumbuhan ekonomi 2018 di level 5,4 persen dapat dicapai.

Darmin menjelaskan, perekonomian dalam negeri penuh dengan perubahan dan ketidakpastian ekonomi dunia, tetapi dalam tiga kuartal terakhir ‎telah menunjukkan perbaikan seperti peningkatan ekspor dan investasi.

"Bagaimanapun suatu perekonomian perlu ditopang oleh empat pilar, konsumsi rumah tangga, investasi, ekspor-impor, dan pengeluaran pemerintah," ujar Darmin, Jakarta, Rabu (13/9/2017).

‎Menurut Darmin, konsumsi rumah tangga, investasi dan kinerja ekspor-impor telah menunjukkan data yang positif, tinggal menggenjot pengeluran pemerintah yang belum mencapai posisi optimal.

‎"Mudah-mudahan kuartal-kuartal ke depan bisa mewujudkannya (memaksimalkan pengeluran pemerintah) dan kalau itu bisa dihidupkan, dan tiga lainnya sudah bergerak baik maka pertumbuhan yang kita harapkan akan bergerak ke atas sampai akhir tahun depan 5,4 persen," tutur Darmin.

Sebelumnya, Menteri Keuangan Sri Mulyani menyatakan, ‎‎pemerintah akan menggerakan motor-motor pendorong pertumbuhan ekonomi untuk mencapai target yang telah ditentukan dalam RAPBN 2018 di level 5,4 persen.

Caranya dengan menggenjot kredit investasi yang harus tumbuh 13-15 persen, memacu belanja perusahaan pelat merah, dan mendorong pertumbuhan investasi dari dalam maupun luar negeri.

"Kunci paling besar di investasi adalah korporasi sendiri atau pihak swasta dimana mereka memiliki kepercayaan untuk investasi baru atau ekspansi‎," ujar Sri Mulyani.

  Loading comments...
berita POPULER
© 2017 TRIBUNnews.com All Right Reserved
Atas