Tribun Bisnis
TribunJualbeli
Tribunnews.com
Tribun Network
About Us
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
No Thumbnail
Desktop Version

JK: Tidak Perlu Khawatir dengan Berkembangnya Ekonomi Digital

Wakil Presiden Jusuf Kalla mengatakan ekonomi digital sekarang ini merupakan suatu keniscayaan

JK: Tidak Perlu Khawatir dengan Berkembangnya Ekonomi Digital
youtube
Wakil Presiden Jusuf Kalla 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Wakil Presiden Jusuf Kalla mengatakan ekonomi digital sekarang ini merupakan suatu keniscayaan. Perkembangan teknologi sekarang ini menurutnya cukup pesat dan tidak bisa distop.

"Karena itu merupakan suatu keniscayaan, merupakan hal yang sudah menjadi tren," ujar Jusuf Kalla, Selasa (14/11/2017).

JK mengatakan tidak ada yang perlu dikhawatirkan dari perkembangan ekonomi digital. Ia menilai ekonomi digital hanya menggeser kegiatan ekonomi yang satu ke yang lainnya.

‎"Katakanlah, Go-Jek. Memang menggeser kegiatan ojek yang dipangkalan, tapi tumbuh Go-Jek (driver) lebih banyak lagi," katanya.

JK yang merupakan pengusaha juga mencontohkan menjamurnya toko-toko online yang menyebabkan sejumlah toko konvensional tutup. Peralihan tersebut menyebabkan penjaga toko berkurang, namun disatu sisi memperbanyak usaha jasa pengiriman barang.

"Seperti dari penjaga toko menjadi logistik, memang pasti banyak toko yang berkurang pembelinya tapi orang akan menjadi pembawa barang. Sama dengan anda. Koran kena, tapi online-nya maju. Ini tergeser saja.," katanya.

Untuk menyikapi hal tersebut maka banyak hal harus disesuaikan. Mulai dari pendidikan tenaga kerja. Hingga regulasi yang mengatur ekonomi digital.

‎"Semua harus diperbaiki, direvisi. Misal, PPn waktu beli barang menjadi pajak waktu untuk transfer barang," pungkasnya.

  Loading comments...
berita POPULER
© 2017 TRIBUNnews.com All Right Reserved
Atas