Tribun Bisnis
TribunJualbeli
Tribunnews.com
Tribun Network
About Us
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
No Thumbnail
Desktop Version

BPS: Penyederhanaan Golongan Listrik Berpotensi Picu Inflasi

Pemerintah melalui Kementerian ESDM berencana menyederhanakan golongan daya listrik menjadi hanya empat

BPS: Penyederhanaan Golongan Listrik Berpotensi Picu Inflasi
Warta Kota/Angga Bhagya Nugraha
ilustrasi 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Pemerintah melalui Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) berencana menyederhanakan golongan daya listrik menjadi hanya empat.

Meski pemerintah menyatakan bahwa tak ada kenaikan tarif listrik, Badan Pusat Statistik (BPS) menilai, hal tersebut juga bisa memicu inflasi.

Selama ini, golongan daya listrik terdiri dari 16 golongan. Nantinya, golongan itu akan disederhanakan menjadi empat golongan, yaitu berupa golongan bersubsidi yang terdiri dari kapasitas 450 volt ampere (VA) dan 900 VA, golongan non subsidi yang terdiri dari 5.500 VA dan 6.600 VA.

Deputi Bidang Statistik Distribusi dan Jasa BPS Yunita Rusanti mengatakan, penyederhanaan golongan tersebut bisa berpengaruh pada inflasi karena bisa meningkatkan konsumsi listrik. Namun, pihaknya masih akan melihat pergeseran daya listrik rumah tangga.

"Akan dilihat komposisi jumlah rumah tangga yang mengalami pergeseran. Dalam hitungan pun kami melihat berapa besar komposisi rumah tangga dengan daya sekian dan daya sekian," kata Yunita, Rabu (15/11).

Menurutnya, selama ini pelanggan listrik terbesar masih berada di golongan listrik kapasitas 900 VA dan 1.300 VA. Sementara itu, setiap kenaikan tarif listrik biasanya berkontribusi atau memiliki andil sekitar 2,5%-3% terhadap inflasi.

Sayangnya, Yunita mengaku masih perlu menghitung andil kenaikan konsumsi listrik terhadap inflasi. "Kan dari total pengeluaran untuk listrik berapa, ini yang kami hitung," tambahnya.

Berita Ini Sudah Dipublikasikan di KONTAN, dengan judul: Penyederhanaan golongan listrik bisa picu inflasi

  Loading comments...
berita POPULER
© 2017 TRIBUNnews.com All Right Reserved
Atas