Tribun Bisnis
TribunJualbeli
Tribunnews.com
Tribun Network
About Us
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
No Thumbnail
Desktop Version

Sudah Bagi-bagi Jatah Divestasi Saham Freeport, Perundingan Selesai?

Pemerintah pada Jumat (12/1/2018) lalu, mengumumkan kalau divestasi 51 persen nanti terlaksana, 10 persennya akan menjadi hak pemerintah Papua.

Sudah Bagi-bagi Jatah Divestasi Saham Freeport, Perundingan Selesai?
Apfia Tioconny Billy
Suasana Penandatanganan perjanjian kerjasama pemberian saham 10 persen kepada Pemerintah Provinsi oleh Menteri Keuangan Sri Mulyani dan Menteri ESDM Ignasius Jonan 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Apfia Tioconny Billy

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Kabar baru datang dari perundingan divestasi saham PT Freeport Indonesia (PT FI) dan pemerintah Indonesia.

Pemerintah pada Jumat (12/1/2018) lalu, mengumumkan kalau divestasi 51 persen nanti terlaksana, 10 persennya akan menjadi hak pemerintah Papua.

Dari 10 persen tersebut akan dibagi 7 persen untuk Pemerintah Kabupaten Mimika dan 3 persen untuk Pemerintah Provinsi Papua.

Hal tersebut diumumkan Menteri Keuangan Sri Mulyani yang didampingi Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan yang juga ditandai dengan penandatanganan perjanjian bersama Gubernur Papua Lukas Enembe dan Bupati Mimika Eltinus Omaleng.

Baca: Tiga Syarat Prabowo untuk Calon Kepala Daerah, Salah Satunya soal Dana

"Pemerintah Papua dan Mimika secara bersamaan memiliki saham atas PT Freeport Indonesia 10 persen sesudah divestasi. Porsi itu termasuk mengakomodir hak masyarakat ulayat dan masyarakat dampak permanen dari Freeport," ungkap Sri Mulyani di Kantor Kementerian Keuangan, Minggu (14/1/2018).

Nantinya proses pembagian akan dilakukan oleh PT Indonesia Asahan Aluminium (INALUM) selaku operator divestasi saham Freeport dan Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) di Papua.

Sayangnya meskipun sudah adanya pembagian saham, perundingan yang dilakukan pemerintah dan PT FI itu belum selesai.

Pemerintah masih membahas beberapa poin terutama mengenai adanya partisipasi Rio Tinto pada PT FI.

Halaman
12
Ikuti kami di
Add Friend
Penulis: Apfia Tioconny Billy
Editor: Dewi Agustina
  Loading comments...

Baca Juga

berita POPULER
© 2018 TRIBUNnews.com All Right Reserved
Atas