Tribun Bisnis
TribunJualbeli
Tribunnews.com
Tribun Network
About Us
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
No Thumbnail
Desktop Version

OJK Siapkan Aturan Baru, Semua Fintech Wajib Daftarkan Diri

Otoritas Jasa Keuangan (OJK) siapkan aturan baru untuk pelaku usaha financial technology (fintech).

OJK Siapkan Aturan Baru, Semua Fintech Wajib Daftarkan Diri
IST
ILUSTRASI 

TRIBUNNEWS.COM, NUSA DUA - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) siapkan aturan baru untuk pelaku usaha financial technology (fintech). Nantinya tak cuma fintech lending saja yang akan diatur.

Sukarela Batunanggar, Deputi Komisioner OJK Institute bilang rencananya POJK itu bakal mewajibkan seluruh fintech mendaftarkan identitasnya kepada OJK.

Sehingga tak cuma fintech lending saja yang mesti mendaftar, namun juga fintech jenis lain, semisal yang menawarkan produk keuangan.

Baca: Ke Aljazair, Arcandra Cek Harga Gas Murah 1 Dolar AS

"Semua harus mendaftar sehingga bisa dipilah jenisnya," kata dia baru-baru ini.

Menurut Sukarela, bukan hanya lembaga keuangan saja yang harus diawasi oleh OJK. Melainkan juga produk keuangan yang ada dipasarkan, meski yang memasarkannya bukanlah lembaga keuangan.

Wakil Ketua Asosiasi Fintech Indonesia (Aftech) Adrian Gunadi menyambut positif hal ini. Ada hal positif yang bisa didapat bila OJK mendata semua fintech yang beroperasi.

Pasalnya, dia bilang model bisnis fintech itu ada beraneka ragam sehingga pihak regulator pun bisa lebih jelas melihat perbedaan tersebut. "Fintech kan ada yang main di investment, untuk lending juga ada berbagai jenis," ungkapnya.

Nah dengan begitu, ia menilai ke depannya regulator bisa menemukan formula pengaturan dan pengawasan yang lebih jelas dan sesuai dengan jenis-jenis model bisnis yang dijalankan tiap pelaku usaha fintech.

Berita ini sudah tayang di kontan berjudul Dalam aturan baru, semua jenis fintech nantinya harus terdaftar di OJK

Ikuti kami di
Add Friend
Editor: Fajar Anjungroso
Sumber: Kontan
  Loading comments...
berita POPULER
© 2018 TRIBUNnews.com All Right Reserved
Atas