Tribun Bisnis
TribunJualbeli
Tribunnews.com
Tribun Network
About Us
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
No Thumbnail
Desktop Version

LBH Jakarta Temukan Kejanggalan dalam Praktik Bunga Aplikasi Pinjaman Online

LBH Jakarta men-tracking ada beberapa aplikasi pinjol yang bunganya bermacam-macam, ada yang 12 persen hingga 20 persen.

LBH Jakarta Temukan Kejanggalan dalam Praktik Bunga Aplikasi Pinjaman Online
TRIBUNNEWS.COM/REZA DENI
Kantor LBH Jakarta 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Reza Deni

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Jakarta menilai sejumlah aplikasi pinjaman online (pinjol) atau fintech yang dilaporkan para peminjam memiliki kejanggalan dalam hal bunga dan administrasi.

"Bunganya itu tidak jelas, saya harua bilang begitu," ujar pengacara publik LBH, Jeanny Silvia Sari Sirait di Gedung LBH Jakarta, Cikini, Jakarta Pusat, Rabu (7/11/2018).

Dari sekira 300 aplikasi pinjol di Appstore atau Play Store, Jeanny men-tracking ada beberapa aplikasi pinjol yang bunganya bermacam-macam, ada yang 12 persen hingga 20 persen.

Akan tetapi, dilanjutkan Jeanny, pada praktiknya itu adalah dua hal yang berbeda, karena penggunaan unga tersebut tersebut terkadang ada yang tidak sesuai dengan perkiraan dari peminjam.

"Semisal, bunga 12 persen dari pinjaman sebesar Rp1 juta dengan tenor 14 hari, Nah ini kan bayarnya sekitar Rp1.120.000, tapi kalau semisal ketika telat, itu ada aplikasi pinjol yang bunganya ditambahkan dari total bunga itu, bukan dari pinjaman pokok, terus belum lagi denda dan segala macan" ujarnya.

Baca: LBH Ungkap Korban Pinjaman Online Didominasi Perempuan

Namun, pengacara publik LBH Jakarta, Jeanny Silvia Sari Sirait, tidak bisa menyebutkan nama-nama aplikasi pinjol tersebut.

Selain itu, Jeanny melanjutkan, dalam hal administrasi aplikasi pinjol bermasalah tersebut, kejanggalan juga ditemukan.

"Enggak pernah ditentukan biaya administrasinya berapa," ujarnya

Jeanny melanjutkan, ada satu aplikasi yang menerapkan biaya administrasi sebesar Rp200 ribu per jangka waktu tenor minimal.

Halaman
12
Ikuti kami di
Add Friend
Penulis: Reza Deni
Editor: Fajar Anjungroso
  Loading comments...

Baca Juga

berita POPULER
© 2018 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas