Tribun Bisnis
TribunJualbeli
Tribunnews.com
Tribun Network
About Us
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
No Thumbnail
Desktop Version

Dolar Mulai Perkasa Lagi, Rupiah Berbalik Melemah

Laju mata uang garuda pada perdagangan Kamis (6/12/2018) berbalik melemah ke level Rp 14.482 per dolar AS

Dolar Mulai Perkasa Lagi, Rupiah Berbalik Melemah
Tribunnews/JEPRIMA
Petugas jasa penukaran uang asing saat menghitung pecahan Rp 100.000 di PT Ayu Masagung, Jakarta Pusat 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Laju mata uang garuda pada perdagangan Kamis (6/12/2018) berbalik melemah ke level Rp 14.482 per dolar AS. Sebelumnya, pada perdagangan kemarin posisi Rupiah melemah di level Rp 14.402 per dolar AS.

Di pasar spot, hari ini mata uang garuda ditransaksikan pada kisaran Rp 14.482 - Rp 14.520 per dolar AS.

Analis Senior CSA Research Institue Reza Priyambada berpendapat, Rupiah kembali melanjutkan pelemahannya terimbas kembali menguatnya dolar AS setelah pelaku pasar memanfaatkan pelemahan sebelumnya sejak diberitakannya rencana pertemuan antara Presiden Trump dan Presiden Xi Jinping untuk membahas kesepakatan dagang di antara keduanya. Pelemahannya juga dialami sejumlah mata uang di Asia, sehingga berimbas negatif pada Rupiah.

“Minimnya sentimen dan telah berlalunya sentimen positif dari internal makroekonomi Indonesia membuat pelaku pasar berbalik mencermati dolar AS,” kata Reza, dalam riset hariannya.

Dari dalam negeri, dikatakan Reza, adanya catatan Kementerian Keuangan, jumlah anggaran yang tidak terbelanjakan mencapai lebih dari Rp 70 triliun setiap tahunnya selama 10 tahun terakhir turut direspon negatif. “Akibatnya Rupiah melanjutkan pelemahannya,” jelasnya.

Menurut Reza, hari ini laju Rupiah diperkirakan akan bergerak
pada kisaran Rp 14.450 - Rp 14.390 per dolar AS. “Tidak jauh berbeda dengan sebelumnya d imana pelemahan dolar AS belum dapat dimanfaatkan Rupiah untuk kembali menguat,” pungkas Reza.

Ikuti kami di
Add Friend
Penulis: Syahrizal Sidik
Editor: Sanusi
  Loading comments...

Baca Juga

berita POPULER
© 2018 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas