Tribun Bisnis
TribunJualbeli
Tribunnews.com
Tribun Network
About Us
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
No Thumbnail
Desktop Version

Indo Fin Tek Laporkan Temuan Pemalsuan Platform ke OJK

Indo Fin Tek juga telah melaporkan peristiwa itu ke Satgas Waspada Investasi. “Kami juga akan melaporkan ke pihak Cyber Crime

Indo Fin Tek Laporkan Temuan Pemalsuan Platform ke OJK
IST
ilustrasi 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - PT Indo Fin Tek sebagai perusahaan Peer to Peer Lending (P2P) yang terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menyayangkan adanya platform teknologi finansial (tekfin) yang memakai nama perusahaan mereka di situs indofintek.co.id. Pasalnya, tekfin tersebut sama sekali bukan produk Indo Fin Tek.

Apalagi, platform tekfin tersebut berani memakai nama perusahaannya sekaligus mencantumkan nomor izin terdaftar PT Indo Fin Tek di situs mereka. Sunu Widyatmoko, Direktur Utama Indo Fin Tek mengatakan, platform tekfin lending milik perseroan hanya Dompet Kilat. Untuk itu, Indo Fin Tek akan melakukan langkah hukum terhadap temuan tersebut.

Sunu mengungkapkan, penemuan situs tekfin ilegal ini didapati oleh staf perusahaan yang tidak sengaja mem-browsing dan menemukan alamat situs tersebut. Karena itu, pada Kamis ini Indo Fin Tek telah mengambil langkah tegas dengan melaporkan indofintek.co.id ke Direktorat Pengaturan Perizinan dan Pengawasan Financial Technology OJK.

Selain itu, Indo Fin Tek juga telah melaporkan peristiwa itu ke Satgas Waspada Investasi. “Kami juga akan melaporkan ke pihak Cyber Crime. Sebab, website ini (indofintek.co.id) telah meniru nama PT Indo Fin Tek dengan pengejaan dan penulisan berbeda. Selain itu, juga mencantumkan nomor tanda terdaftar kami di website-nya,” kata Sunu dalam keterangan yang diterima KONTAN, Kamis (6/12).

Sunu menjelaskan, langkah tegas perusahaannya untuk melaporkan situs indofintek.co.id lantaran tindakannya telah melanggar hukum.

"Mereka benar-benar ingin mengelabui masyarakat pengguna dengan meniru sepertinya itu adalah dari Indo Fin Tek. Padahal, kami tidak punya website yang namanya indofintek. Produk kami Dompet Kilat,” imbuh dia.

Sunu menambahkan, adanya situs lain yang seperti situs indofintek.co.id dikhawatirkan akan membuat citra perusahaannya tercoreng. Di samping itu, potensi mengelabui masyarakat pun sangat besar. Sebab, kemungkinan besar ada nasabah yang tertipu dan mengira indofintek adalah bagian dari Dompet Kilat. Padahal, keduanya jelas-jelas berbeda.

Endra Masagung, Komisaris Utama Indo Fin Tek menimpali, perusahaan tekfin masuk dalam sektor industri yang sedang berkembang di dunia finansial. "Jadi, perusahaan yang berstatus terdaftar oleh OJK harus lebih waspada dengan metode penipuan baru yang di lakukan para pihak lain untuk mengambil kesempatan yang merugikan masyarakat," katanya.

Asal tahu saja, PT Indo Fin Tek telah terdaftar sebagai fintech peer to peer lending di OJK dengan platformnya Dompet Kilat sejak 21 Juli 2017. Nomor pendaftarannya, yakni S-644/NB 11/2017. Domisili perusahaan ini pun berada di Jakarta. Sementara itu, indofintek.co.id merupakan perusahaan tekfin yang berdomisili di Denpasar, Bali.

Waspada modus baru

Halaman
12
Ikuti kami di
Add Friend
Editor: Sanusi
Sumber: Kontan
  Loading comments...

Baca Juga

berita POPULER
© 2018 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas