Tribun Bisnis
TribunJualbeli
Tribunnews.com
Tribun Network
About Us
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
No Thumbnail
Desktop Version

Pemerintah Buka Ruang Ide Pendayagunaan Infrastruktur

Budi Karya Sumadi siap menampung gagasan dari semua pihak untuk dapat meningkatkan kemanfaatan atau mendayagunakan infrastruktur yang dibangun

Pemerintah Buka Ruang Ide Pendayagunaan Infrastruktur
TRIBUNNEWS.COM/REYNAS
Menhub Budi Karya Sumadi di Jakarta 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Reynas Abdila

TRIBUNNEWS.COM - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi siap menampung gagasan dari semua pihak untuk dapat meningkatkan kemanfaatan atau mendayagunakan infrastruktur yang dibangun, guna meningkatkan daya saing Indonesia.

“Kita butuh pemikiran fresh dari anak-anak muda, pengusaha, dan unsur masyarakat lainnya yang bisa menjadi breakthrough (terobosan) dalam rangka memberdayagunakan konektivitas untuk meningkatkan daya saing Indonesia,” jelas Menhub di Jakarta, Rabu (12/6/2019).

Menhub menjelaskan, dirinya mendapatkan banyak masukan dari banyak pihak bahwa konektivitas di Indonesia belum seluruhnya dilakukan, masih ada daerah-daerah yang belum memiliki infrastruktur transportasi yang baik untuk menunjangpergerakan manusia dan distribusi logistik.

“Masukan-masukan tersebut tentunya menjadi PR untuk kita. Tapi paling tidak kita sudah memulai. Indikasinya terlihat jelas bahwa investment grade kita naik dan indeks logistik kita juga naik. Seperti pembangunan jalan tol misalnya, yang bisa menjadi modal bagi kita untuk lebih meningkatkan daya saing logistik kita,” ungkapnya.

Baca: Menteri Perhubungan Budi Karya Prediksi Puncak Arus Balik Mudik Lebaran Terjadi Malam ini

Menhub menekankan perlunya kolaborasi antara Pemerintah, BUMN, Swasta dan masyarakat untuk menciptakan kegiatan-kegiatan ekonomi agar pembangunan infrastruktur yang telah dibangun dapat lebih bermanfaat keberadaannya.

“Jika itu dilakukan, itu bisa menjadi pusat-pusat pertumbuhan ekonomi baru yang juga bisa mencegah urbanisasi ke kota-kota besar seperti Jakarta dan Surabaya. Kegiatan ekonomi bisa dilakukan dari hal-hal yang kecil seperti, membuat warung, sampai ke yang besar seperti membuat perumahan real estate,” imbuhnya.

Sebagai negara kepulauan konektivitas memegang peranan yang penting dalam pengembangan bisnis, ketersediaan logistik dan perekonomian.

Konektivitas menjadi syarat mutlak bagi negara Kepuluan seperti Indonesia.

Dengan adanya peningkatan konektivitas melalui pembangunan infrastruktur secara massif, baik di darat, laut dan udara, akan meningkatkan efisiensi, produktivitas dan daya saing ekonomi nasional sekaligus pemerataan pembangunan.

Ikuti kami di
Add Friend
Penulis: Reynas Abdila
Editor: Fajar Anjungroso
  Loading comments...

Baca Juga

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas