Tribun
TribunJualbeli
Tribunnews.com
Tribun Network
About Us
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
No Thumbnail
Desktop Version

Kuatkan Fungsi di Daerah, Wakil Ketua DPD RI Kunjungi Kalimantan Timur

Kunjungan ke Kalimantan Timur dilakukan Wakil Ketua Farouk Muhammad dan Komite I DPD RI. Mereka melakukan sejumlah kegiatan guna menguatkan fungsi DPD

Kuatkan Fungsi di Daerah, Wakil Ketua DPD RI Kunjungi Kalimantan Timur
DOK. DPD RI
Wakil Ketua DPD RI Farouk Muhammad saat mengikuti sidang paripurna di Kompleks Parlemen, Jakarta. 

TRIBUNNEWS.COM – Selama empat hari DPD RI melakukan kunjungan kerja ke Kalimantan Timur guna memperkuat fungsi lembaga negara tersebut di daerah.

Kunjungan tersebut diawali dengan penyampaian keynote speech Wakil Ketua DPD RI Farouk Muhammad di acara diskusi ‘Penguatan Fungsi DPD RI di Daerah’ yang digelar di Hotel Bumi Senyiur, Samarinda, Jumat (26/6/2015).

Dalam diskusi yang dihadiri berbagai narasumber dari berbagai latar belakang itu, Farouk menyatakan pihaknya terus berupaya mengoptimalkan pelaksanaan fungsi legislasi, anggaran, pengawasan dan representasi yang telah menjadi fungsi utama DPD RI.

Selain itu, dalam hari yang sama, Farouk yang juga Guru Besar Kriminologi Perguruan Tinggi Ilmu Kepolisian (PTIK) itu berkunjung ke Kantor Polda Kaltim di Balikpapan.

Di sana ia bertemu Kapolda Kaltim Irjen Drs Andayono guna membahas perkembangan situasi keamanan terakhir di wilayah yang bertajuk Ruhui Rahayu tersebut.

Sementara itu, berbarengan dengan acara yang dihadiri Farouk, Komite I DPD RI bertemu Gubernur Kalimantan Timur Awang Faroek Ishak guna membahas masalah penataan ruang dan pertanahan.

Dalam pertemuan yang juga dihadiri Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (FKPD), Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD), DPRD Kaltim, BPN Kaltim, akademisi dan LSM itu, Komite I DPD RI menjelaskan pihaknya akan melanjutkan pembahasan RUU Pertanahan sebagai usul inisiatif atas pengawasan pelaksanaan UU No. 26 Tahun 2007 tentang Penataan Ruang.

Komite I DPD RI menyadari, masalah pertanahan dan tata ruang merupakan persoalan mendasar dalam pembangunan. Bertahun-tahun ke belakang sering terjadi konflik pertanahan antar masyarakat dan pemerintah, atau antar masyarakat dan perusahaan negara atau swasta.

Di sisi lain, kegiatan kunjungan ke Kalimantan Timur ini dijalankan DPD RI sebagai bagian dari sosialisasi kinerja yang mencerminkan representasi teritorial atau regional.

“Ini tentu saja berbeda dengan DPR RI yang mencerminkan representasi politik,” ujar Kepala Bidang Pemberitaan dan Media Visual DPD RI Mahyu Darma di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (24/6/2015) lalu.

Ikuti terus perkembangan terbaru dari Dewan Perwakilan Daerah (DPD) hanya di Kabar DPD RI.

Ikuti kami di
Add Friend
Penulis: Advertorial
  Loading comments...

Baca Juga

berita POPULER
© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas