Tribun
TribunJualbeli
Tribunnews.com
Tribun Network
About Us
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
No Thumbnail
Desktop Version

DPD RI Apresiasi Bantuan untuk Kebakaran Hutan di Riau

Kebakaran hutan di Riau mendapat penanganan dari BNPB berserta DPD RI. Helikopter dan pesawat pun jadi senjata utama.

DPD RI Apresiasi Bantuan untuk Kebakaran Hutan di Riau
KOMPAS/SAHNAN RANGKUTI
Kebakaran hutan di Riau mendapat penanganan dari BNPB berserta DPD RI. Helikopter dan pesawat pun jadi senjata utama. (Ilustrasi/Kompas/Shanan Rangkuti) 

TRIBUNNEWS.COM – Kebakaran hutan yang terjadi di Riau beberapa waktu terakhir membuat masyarakat di sana khawatir. Tebalnya kabut asap yang menghiasi udara dan atmosfer bisa menyebabkan gangguan kesehatan lebih lanjut.

Untunglah terdapat operasi helikopter yang menjalani tugas memadami api sejak Minggu (12/7/2015). Mereka memetakan titik-titik api di Riau dan berusaha memadamkannya dengan cepat. Caranya sendiri disebut water bom.

DPD RI pun turut serta mendampingi Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) yang melakukan water bom tersebut. Menurut Ketua Komite II DPD RI Parlindungan Purba, pihaknya mengapresiasi langkah yang dilakukan tersebut.

Dengannya, ia yakin upaya pemadaman kebakaran hutan di Riau akan semakin cepat.

“Saya kira ini bentuk respon cepat BNPB terkait kebakaran hutan di Riau. Ini penting, karena memang selama kita di Riau, udaranya tidak sehat,” tutur Parlindungan, Senin (13/7/2015) lalu.

Langkah bantuan dari BNPB itu sendiri berawal dari hasil pertemuan Komite II DPD RI dengan BNPB Riau di Landasan Udara Pekanbaru, Jumat (10/7/2015). Dalam pertemuan tersebut, Parlindungan meminta Sestama BNPB, Doddy, agar ada bantuan helikopter ke Riau untuk membantu memadamkan kebakaran lahan.

Selain bantuan helikopter, DPD RI dan BNPB Riau juga berusaha memadamkan api dengan pesawat skorsky. Dengan tambahan unit tersebut, proses pemadaman bisa lebih cepat dan tuntas.

“Apalagi Lebaran sudah dekat dan kondisi kesehatan warga terancam,” ujar Parlindungan.

Sementara itu, Senator DPD RI asal Riau, Rosti Uli Purba mengatakan para pelaku pembakar lahan dan hutan harus dihukum agar memberikan efek jera. Hal itu tidak terlepas dari berulangnya kasus kebakaran hutan dan lahan yang hampir terjadi tiap tahun di Riau.

“Masyarakat Riau tiap tahun dilanda asap. Ini terus berulang. Warga terserang ISPA dan itu jadi kerugian besar bagi masyarakat. Belum lagi dampak lainnya,” ujar Rosti Uli, Jumat (10/7/2015).

Sementara pihak BNPB Riau pun mengucapkan rasa terima kasih yang sebesar-besarnya pada DPD RI atas bantuan dan dukungannya.

Kepala BNPB Riau, Edwar Sanger mengatakan, dengan dukungan DPD RI upaya pengendalian penyebaran titik api bisa lebih efektif.

“Kita menyampaikan terima kasih kepada DPD RI yang sudah ikut membantu kita mengendalikan kebakaran hutan ini,” ujar Edwar.

Ikuti terus perkembangan terbaru dari Dewan Perwakilan Daerah (DPD) hanya di Kabar DPD RI.

Ikuti kami di
Add Friend
Penulis: Advertorial
  Loading comments...
© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas