Tribun
TribunJualbeli
Tribunnews.com
Tribun Network
About Us
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
No Thumbnail
Desktop Version
BBC

Anak-anak yang dipaksa untuk berperang oleh ISIS

Kisah anak-anak dari komunitas Yazidi yang ditahan oleh ISIS dan dilatih untuk jadi generasi baru petempur dengan dalih 'berjihad'.

Nama-nama di dalam kisah ini telah diubah.

Lovant dan Sabbah baru berumur 16 dan 14 tahun ketika mereka dipaksa menembakkan peluru ke mayat pria yang dieksekusi ISIS atas tuduhan berkhianat.

Kegiatan itu adalah latihan menembak sasaran, satu saja dari rangkaian pelatihan senjata yang harus mereka jalani di kamp militer bagi orang muda milik ISIS.

Anak-anak ini merupakan anak dari sekte Yazidi di Irak Utara. Tahun 2014 dunia menyaksikan dengan ngeri bagaimana puluhan ribu orang Yazidi terperangkap di Gunung Sinjar dalam cuaca yang sangat panas, tanpa pasokan makanan dan air.

Di saat yang sama, para remaja termasuk Lovant dan Sabah dikumpulkan di desa mereka oleh para milisi ISIS.

Kebanyakan pria dewasa dibawa dan dibunuh sementara anak laki-laki dibawa bersama dengan ibu-ibu mereka ke kota terdekat di Irak utara, sebelum dipisahkan dari keluarga mereka sama sekali.

Selama lebih dari setahun, mereka ditahan dan dilatih sebagai "anak-anak kalifah" di sebuah kamp jauh di kawasan pegunungan di Suriah.

ISIS, Yazidi, Irak, Suriah, Perang
Video ISIS
Anak-anak yang dilatih berperang oleh ISIS, gambar diambil dari video propaganda mereka

Dipaksa berperang

"Kami belajar bagaimana mengisi peluru dan menembakkan senjata. Kami dilatih untuk menjadi tentara. Kami diminta berlatih -seperti merayap di bawah kawat berduri- hal-hal semacam itulah. Mereka mengajar kami banyak hal tentang perang."

Lovant

"Mereka kadang membawa kami ke pekuburan yang besar dimana banyak terdapat mayat Muslim yang mereka bilang pengkhianat, mata-mata atau orang-orang yang menggunakan obat terlarang," kata Sabbah.

Halaman
1234
Ikuti kami di
Add Friend
Sumber: BBC Indonesia
BBC
  Loading comments...
© 2017 TRIBUNnews.com All Right Reserved
Atas