Tribun
TribunJualbeli
Tribunnews.com
Tribun Network
About Us
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
No Thumbnail
Desktop Version
BBC

Bagaimana sikap Trump terhadap kelompok supremasi kulit putih?

Donald Trump dikritik karena tidak secara gamblang mengecam aksi kelompok ekstrem kanan dalam pawai supremasi kulit putih di Charlottesville,

Sikap Presiden Amerika Serikat, Donald Trump, menjadi sorotan lantaran dia dituding tidak secara gamblang mengecam aksi kelompok ekstrem kanan dalam pawai supremasi kulit putih di Charlottesville, kendati Gedung Putih memberikan klarifikasi.

Pada pawai di negara bagian Negara Bagian Virginia tersebut, seorang perempuan bernama Heather D Heyer tewas dihantam sebuah mobil yang menabraki kerumunan demonstran penentang supremasi kulit putih. Tindakan itu juga mengakibatkan 19 orang lainnya mengalami cedera.

Secara terpisah, 15 orang luka-luka setelah terlibat bentrokan terkait pawai tersebut.

Seusai kejadian, Trump merilis pernyataan dari tempat berliburnya di New Jersey.

"Kebencian dan pemisahan harus berhenti sekarang," ujar Trump. "Kita mesti bersatu padu sebagai warga Amerika dengan cinta terhadap bangsa kita," tambahnya.

Trump juga mengecam "sekeras-sekarasnya kebencian, intoleransi, dan kekerasan dari berbagai pihak."

amerika
Getty Images
Para anggota Ku Klux Kan mengikuti pawai supremasi kulit putih di Charlottesville, Negara Bagian Virginia, 8 Juli lalu.

Namun, pernyataan Trump tersebut tidak secara gamblang mengecam kelompok-kelompok ekstrem kanan yang ikut dalam pawai supremasi kulit putih.

Hal ini menuai kritik dari Partai Republik, termasuk Senator Marco Rubio dan Ted Cruz—dua pesaingnya dalam kampanye pemilihan presiden 2016.

Senator Cory Gardner pun merilis cuitan, "Tuan Presiden, kita harus menyebut kejahatan dengan namanya. Mereka adalah kaum pendukung supremasi kulit putih dan ini adalah terorisme domestik".

Gedung Putih kemudian menyampaikan pembelaan.

Halaman
12
Ikuti kami di
Add Friend
Sumber: BBC Indonesia
BBC
  Loading comments...
berita POPULER
© 2017 TRIBUNnews.com All Right Reserved
Atas