Tribun Sport
TribunJualbeli
Tribunnews.com
Tribun Network
About Us
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
No Thumbnail
Desktop Version
BBC

Paris tuan rumah Olimpiade 2024 dan Los Angeles untuk 2028

Komite Olimpiade Internasional, IOC, menetapkan secara bersamaan tuan rumah Olimpiade 2024 dan 2028 kepada dua kota yang awalnya masih bersaing

Paris, Prancis, Olimpiade, Eiffel
AFP
Tahun 2024 nanti Paris akan merayakan 100 tahun menjadi tuan rumah Olimpiade sejak yang terakhir kalinya.

Komite Olimpiade Internasional, IOC, menetapkan ibu kota Prancis, Paris, sebagai tuan rumah Olimpiade 2024 dan Los Angeles, Amerika Serikat, untuk 2028.

Bulan lalu IOC memutuskan tuan rumah untuk dua Olimpiade akan ditetapkan pada saat yang bersamaan karena sejumlah kota membatalkan pencalonan, antara lain dengan alasan membutuhkan biaya yang amat besar.

Paris dan Los Angeles sebenarnya bersaing untuk menjadi tuan rumah 2024 namun akhirnya Los Angeles bersedia menunggu empat tahun lagi.

Paris -yang gagal dalam pencalonan Olimpiade 2008 dan 2012- akan menandai 100 tahun sejak terakhir kali menjadi tuan rumah Olimpiade tahun 1924 sedangkan Los Angeles pernah menggelarnya pada tahun 1932 dan 1984.

Kedua kota menjadi calon yang tersisa untuk bersaing bagi Olimpiade 2014 setelah Hamburg, Roma, dan Budapest mengundurkan diri.

Los Angeles, Olimpiade, Carl Lewis
AFP
Mantan pelari cepat peraih medali emas Olimpiade, Carl Lewis, bergabung dalam tim kampanye pencalonan Los Angeles.

Roma mundur dari persaingan Olimpiade 2024 pada Oktober 2016 setelah dewan kota menentang pencalonan dan wali kotanya, Virginia Raggi, mengatakan kota itu memprioritas banyak hal, seperti pengumpulan sampah dan korupsi.

Sementara Hamburg sudah lebih dulu, pada November 2015, karena 51,6% penduduknya menentang rencana itu lewat referendum dengan alasan dana untuk Olimpiade akan bisa digunakan dengan lebih baik.

Adapun Budapest mundur Januari 2017 karena ditentang gerakan politik yang berhasil mengumpulkan lebih dari 250.000 tanda tangan yang mendesak referendum untuk memutuskan pencalonan.

Dewan Kota Budapest kemudian melakukan pemungutan suara dengan keputusan mengundurkan diri. Kubu yang menentang berpendapat bahwa pencalonan sebagai tuan rumah Olimpiade, antara lain, akan memicu korupsi yang merupakan masalah besar di negara itu.

Ikuti kami di
Add Friend
Sumber: BBC Indonesia
BBC
  Loading comments...
berita POPULER
© 2017 TRIBUNnews.com All Right Reserved
Atas