Tribun
TribunJualbeli
Tribunnews.com
Tribun Network
About Us
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
No Thumbnail
Desktop Version

Kompak, Israel dan Amerika Putuskan Keluar dari UNESCO

Netanyahu menginstruksikan kepada Kementerian Luar Negeri Israel untuk menyiapkan pengunduran diri negaranya dari organisasi itu bersama AS.

Kompak, Israel dan Amerika Putuskan Keluar dari UNESCO
Times of Israel/AFP/Heidi Levine, Pool
Istri Perdana Menteri Israel Sara Netanyahu dan Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu. 

TRIBUNNEWS.COM, NEW YORK - Perdana Menteri Israel, Benjamin Netanyahu, mengatakan negaranya akan mengikuti jejak Amerika Serikat (AS) untuk mundur dari badan kebudayaan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB), UNESCO.

Netanyahu menginstruksikan kepada Kementerian Luar Negeri Israel untuk menyiapkan pengunduran diri negaranya dari organisasi itu bersama AS.

Demikian bunyi pernyataan yang dikeluarkan oleh kantor PM Netanyahu, Kamis (12/10/2017). Menurut Netanyahu, keputusan AS itu sebagai langkah berani dan bermoral.

Langkah Israel diumumkan hanya beberapa jam setelah AS menyatakan mundur dari UNESCO setelah menilai bahwa lembaga itu antara lain “anti terhadap Israel”.

Kementerian Luar Negeri AS di Washington mengatakan pada Kamis (12/10/2017) bahwa UNESCO memerlukan “reformasi fundamental”.

Juru bicara Kemenlu AS, Heather Nauert, mengatakan, pemerintah AS mengambil keputusan ini setelah melalui pertimbangan yang sangat mendalam.

"Ini mencerminkan kekhawatiran pemerintah AS ... UNESCO perlu melakukan reformasi fundamental," kata Nauert.

Disesalkan

Dikatakan pula, setelah mundur maka AS – yang dikenal sebagai salah satu pendiri UNESCO – akan berperan sebagai negara pemantau.

Berdasarkan peraturan UNESCO, pengunduran diri AS dimulai pada Desember 2018 dan hingga periode ini AS tetap menjadi anggota penuh dan akan mengirim iuran anggota sebesar 80 juta dollar atau Rp 1 triliun per tahun.

  Loading comments...
berita POPULER
© 2017 TRIBUNnews.com All Right Reserved
Atas