Tribun
TribunJualbeli
Tribunnews.com
Tribun Network
About Us
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
No Thumbnail
Desktop Version
BBC

Mengapa Jumat tanggal 13 dianggap sial dan dikutuk?

Ini Jumat tanggal 13: Tapi dari mana datangnya anggapan bahwa Jumat yang jatuh pada tanggal 13 adalah hari ketika hal-hal buruk terjadi?

Ini hari Jumat tanggal 13: hari paling terkutuk di kalender. Hari yang - menurut yang percaya- semuanya ditakdirkan berlangsung salah. Tapi dari mana datangnya anggapan bahwa Jumat yang jatuh pada tanggal 13 adalah hari ketika hal-hal buruk terjadi?

Saat jalan-jalan melalui pusat kota Birmingham, semua orang yang saya tanyakan telah mendengar anggapan bahwa kekuatan gelap sedang bekrja di 'hari yang paling angker' ini. Tapi apakah mereka mempercayainya?

Duduk di sebuah bangku di Victoria Square adalah pasangan John dan Gillie Hemmer yang mengatakan bahwa mereka 'sama sekali tidak punya masalah' tentang tanggal tersebut.

"Ibu saya justru lahir pada suatu hari Jumat tanggal 13," kata Gillie Hemmer. "Dia selalu menganggapnya sebagai hari mujur- begitu juga saya."

Duduk di dekatnya adalah Niall Johnstone yang menganggap keseluruhan anggapan itu sebuah lelucon. "Hal itu, Jumat13 itu sekadar tahayul saja," kata lelaki berusia 26 tahun itu. 

John and Gillie Hemming
BBC
John dan Gillie Hemmer mengaku tak punya anggapan buruk tentang Jumat13

Tapi di bawah bayang-bayang katedral, saya bersua seorang perempuan yang mengaku percaya pada tulah Jumat tanggal 13.

"Ini sekadar perasaan," kata Aurora Marin, dari Romania, ketika teman-temannya yang skeptis mengungkapkan keraguan mereka.

Kesan umumnya adalah bahwa Aurora Marin itu minoritas.

Tapi seorang ahli cerita rakyat dari Shropshire, Anne Marie Lagram, mengatakan bahwa dia adalah orang yang sangat percaya.

"Saya selalu merasa sedikit was-was ketika saya keluar dan sebagainya, dan akan mengirim pesan kepada anak perempuan saya untuk berhati-hati dua kali lipat pada hari itu," katanya.


Asal-usul Jumat13

Halaman
1234
Ikuti kami di
Add Friend
Sumber: BBC Indonesia
BBC
  Loading comments...
berita POPULER
© 2017 TRIBUNnews.com All Right Reserved
Atas