Tribun
TribunJualbeli
Tribunnews.com
Tribun Network
About Us
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
No Thumbnail
Desktop Version

Polemik Yerusalem

Aksi Balasan Trump, Pangkas Anggaran Bantuan AS untuk PBB

Delegasi AS mengatakan, pihaknya memangkas lebih dari US$ 285 juta untuk anggaran PBB tahun 2018–2019.

Aksi Balasan Trump, Pangkas Anggaran Bantuan AS untuk PBB
TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN
Massa membawa bendera palestina memadati kawasan Monumen Nasional (Monas) saat Aksi Bela Palestina di Jakarta, Minggu (17/12/2017). Aksi tersebut menyerukan pembelaan untuk Palestina dan mengecam pengakuan sepihak Presiden Amerika Serikat Donald Trump atas Yerusalem sebagai ibukota Israel. TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN 

TRIBUNNEWS.COM, WASHINGTON - Pemerintah Amerika Serikat (AS) telah mengumumkan pengurangan yang signifikan untuk kewajiban anggaran di Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB).

Delegasi AS mengatakan, pihaknya memangkas lebih dari US$ 285 juta untuk anggaran PBB tahun 2018–2019.

Duta Besar AS untuk PBB Nikki Haley mengatakan, tidak akan membiarkan kemurahan hari rakyat AS dimanfaatkan oleh PBB. "Organisasi itu terkenal inefisien dan overspending," katanya seperti dikutip CNBC, Rabu (27/12).

Berdasarkan kebijakan PBB, AS bertanggung jawab atas 22% anggaran operasional tahunan PBB atau sekitar US$ 1,2 miliar anggaran untuk tahun 2017–2018 dan setoran 28,5% dari biaya operasi pemeliharaan perdamaian, atau sekitar US$ 6,8 miliar.

Baca: Polisi Sudah Kantongi Identitas 7 Anggota Geng Motor yang Buron, Tinggal Ciduk

Haley menambahkan, pihaknya senang dengan hasil negosiasi anggaran tersebut. Ke depan, delegasi AS akan terus mendorong PBB meningkatkan efisiensi.

Keputusan pengurangan anggaran ini terjadi setelah ancaman Presiden Donald Trump untuk menghentikan bantuan bagi negara-negara yang mendukung resolusi Majelis Umum PBB soal Yerusalem, pekan lalu.

 
Reporter: Nina Dwiantika 

Ikuti kami di
Add Friend
Editor: Choirul Arifin
Sumber: Kontan
  Loading comments...

Berita Terkait :#Polemik Yerusalem

berita POPULER
© 2018 TRIBUNnews.com All Right Reserved
Atas