Tribun
TribunJualbeli
Tribunnews.com
Tribun Network
About Us
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
No Thumbnail
Desktop Version

Donald Tusk Mengutuk Penarikan AS Dari Kesepakatan Iran

Saya tidak ragu bahwa dalam pertandingan global baru, Eropa akan menjadi salah satu pemain utama

Donald Tusk Mengutuk Penarikan AS Dari Kesepakatan Iran
Virginia Mayo / AP
Donald Tusk 

Laporan wartawan tribunnews.com, Wahyu Firmansyah

TRIBUNNEWS.COM - Ancaman yang ditimbulkan oleh pemerintahan Donald Trump telah disamakan dengan Cina dan Rusia oleh Donald Tusk karena ia mengutuk penarikan AS dari kesepakatan Iran dan ancaman perang dagang transatlantik.

Pada awal pertemuan tingkat tinggi Uni Eropa di Bulgaria, Presiden dewan Eropa mengatakan dirinya menyaksikan fenomena baru ketegasan yang berubah-ubah dari pemerintahan Amerika.

“Kami menyaksikan hari ini sebuah fenomena baru: ketegasan yang berubah-ubah dari pemerintahan Amerika. Melihat keputusan terbaru dari Presiden Trump, beberapa bahkan dapat berpikir, 'Dengan teman seperti itu, siapa yang butuh musuh," ujar Presiden Dewan Eropa dilansir theguardian, Kamis (17/5/2018).

Keputusan yang dilakukan oleh Trump untuk menjauh dari kesepakatan nuklir dengan Iran, Tusk mengatakan sudah jelas Washington tidak bisa diandalkan lagi.

"Saya tidak ragu bahwa dalam pertandingan global baru, Eropa akan menjadi salah satu pemain utama, atau pion" kata Tusk.

Tusk mengatakan Ini adalah satu-satunya alternatif nyata. Untuk menjadi subjek dan bukan obyek dari politik global, Eropa harus disatukan secara ekonomi, politik dan juga secara militer tidak seperti sebelumnya.

Tusk mengatakan ia menginginkan 28 pemimpin dalam 24 jam ke depan untuk menegaskan kembali bahwa Uni Eropa akan tetap berpegang pada kesepakatan.

"Kesepakatan itu baik untuk keamanan Eropa dan global, itulah mengapa kami harus mempertahankannya," katanya.

Ikuti kami di
Add Friend
Editor: Johnson Simanjuntak
  Loading comments...

Baca Juga

berita POPULER
© 2018 TRIBUNnews.com All Right Reserved
Atas