Tribun
TribunJualbeli
Tribunnews.com
Tribun Network
About Us
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
No Thumbnail
Desktop Version

Apa yang Trump Tawarkan untuk Kim? Normalisasi Hubungan Diplomatik Atau Ngasih Big Mac?

"Rapat antara staf dan perwakilan, berjalan dengan baik dan cepat, tapi pada akhirnya tidak ada masalah," kata Trump

Apa yang Trump Tawarkan untuk Kim? Normalisasi Hubungan Diplomatik Atau Ngasih Big Mac?
Ahn Young Joon/AP
Seorang pria tengah menyaksikan tayangan yang menampilkan Presiden Amerika Serikat Donald Trump (kanan) dan Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un (kiri) 

Laporan Wartawan Tribunnews, Fitri Wulandari

TRIBUNNEWS.COM, SINGAPURA - Hanya beberapa jam sebelum pertemuan puncak bersejarah antara Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump dengan Pemimpin diktator Korea Utara (Korut) Kim Jong un, pihak AS mengisyaratkan adanya 'tawar menawar'.

Hal itu mungkin saja dimiliki Trump di sakunya, saat hendak bernegosiasi dengan Kim di Singapura.

"Rapat antara staf dan perwakilan, berjalan dengan baik dan cepat, tapi pada akhirnya tidak ada masalah," kata Trump melalui cuitan di akun Twitter resminya.

"Kita semua akan segera mengetahui apakah suatu hal yang nyata dan tidak seperti peridtiwa di masa lalu, bisa benar-benar terjadi," tambah Trump penasaran.

Dilansir dari laman Fox News, Selasa (12/6/2018), Menteri Luar Negeri AS Mike Pompeo mengatakan kepada wartawan pada Senin kemarin bahwa AS siap untuk memberikan jaminan keamanan bagi Korut jika denuklirisasi lengkap benar-benar disepakati.

Ia menjelaskan, denuklirisasi lengkap merupakan satu-satunya hasil negosiasi yang dapat diterima dari pertemuan pada hari ini antara kedua pemimpin.

Baca: Tarif Baru Ruas Tol JORR Mulai 13 Juni 2018 Pasca Pemberlakuan Sistem Transaksi Baru

Pompeo menyampaikan, sanksi akan tetap diberlakukan hingga Korut 'secara lengkap dan dapat diverifikasi' telah menghancurkan semua senjata pemusnah massalnya.

Jadi, apa yang Trump tawarkan kepada Kim ?

Baca: Mulai 13 Juni 2018, Masuk Tol JORR Cukup Sekali Bayar

Di AS pada pekan lalu, Trump sendiri menyatakan bahwa sebuah kesepakatan dapat mencakup 'normalisasi hubungan' antara AS dengan Korut.

Axios melaporkan selama akhir pekan, Trump mungkin bersedia mempertimbangkan untuk menempatkan kedutaan AS di Pyongyang, ibukota Korut.

Situs berita itu juga membocorkan bahwa Trump menyukai gagasan untuk mengizinkan bisnis fast food Amerika, seperti McDonalds membuka gerainya di Korut.

Ikuti kami di
Add Friend
Penulis: Fitri Wulandari
Editor: Choirul Arifin
  Loading comments...

Baca Juga

berita POPULER
© 2018 TRIBUNnews.com All Right Reserved
Atas