Tribun
TribunJualbeli
Tribunnews.com
Tribun Network
About Us
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
No Thumbnail
Desktop Version

Empat Butir Kesepakatan Donald Trump dan Kim Jong Un

Presiden Trump berkomitmen menjamin keamanan kepada Korut dan Kim Jong Un menegaskan kembali komitmennya menyelesaikan denuklirisasi.

Empat Butir Kesepakatan Donald Trump dan Kim Jong Un
The Guardian
Pemimpin Korea Utara (Korut) Kim Jong Un dan Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump saat bertemu kali pertama pada KTT di Singapura 

Laporan Reporter Kontan, Yudho Winarto

TRIBUNNEWS.COM, SINGAPURA - Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump dan Pemimpin Korea Utara (Korut) Kim Jong Un mengakhiri pertemuan pertama dan bersejarah di Hotel Capella Pulau Sentosa, Singapura, Selasa (12/6/2018).

Kedua pemimpin negara ini melakukan pertukaran pendapat yang komprehensif dan mendalam tentang isu-isu pembentukan hubungan kerja sama baru AS-Korut. Selain itu, pembangunan rezim perdamaian di Semenanjung Korea.

Presiden Trump berkomitmen menjamin keamanan kepada Korut dan Kim Jong Un menegaskan kembali komitmennya menyelesaikan denuklirisasi Semenanjung Korea.

Sebagaimana diberitakan Reuters, ada empat poin kesepakatan yang ditandatangani kedua pemimpin ini, yakni:

1. Amerika Serikat dan Korut berkomitmen untuk membangun hubungan baru sesuai dengan keinginan masyarakat kedua negara untuk perdamaian dan kemakmuran.

2. Amerika Serikat dan Korut akan berupaya membangun rezim perdamaian yang abadi dan stabil di Semenanjung Korea.

Baca: Jasa Marga Tuntas Berangkatkan 2.100 Pemudik dari 5 Titik Pemberangkatan

3. Menegaskan kembali Deklarasi Panmunjom 27 April 2018, Korut berkomitmen untuk menyelesaikan secara menyeluruh denuklirisasi di Semenanjung Korea.

4. Amerika Serikat dan Korut tetap berkomitmen untuk menyelesaikan soal tawanan perang , termasuk pemulangan segera dari mereka yang sudah diidentifikasi.

Baca: Begini Reaksi Iqbaal Ramadhan Setelah Filmnya Dibajak dan Rekamannya Dijual di Cirebon

Asal tahu saja, Trump dan Kim Jong Un sepakat menandatangani dokumen menyeluruh pertemuan bersejarah yang bertujuan menciptakan denuklirisasi di Semenanjung Korea.

Sebelum menandatangani dokumen yang disebut Trump sebagai "surat komprehensif" itu, Kim menyatakan kedua pemimpin telah mengadakan pertemuan bersejarah dan telah memutuskan untuk meninggalkan masa lalu.

 
 

Ikuti kami di
Add Friend
Editor: Choirul Arifin
Sumber: Kontan
  Loading comments...

Baca Juga

berita POPULER
© 2018 TRIBUNnews.com All Right Reserved
Atas