Tribun
TribunJualbeli
Tribunnews.com
Tribun Network
About Us
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
No Thumbnail
Desktop Version

PM Jepang Abe Akan Ketemu Pemimpin Korut Agustus, Disarankan Oleh Presiden AS Trump

Trump menyampaikan ke Kim saat pertemuan tersebut masalah penculikan warga Jepang oleh Korut

PM Jepang Abe Akan Ketemu Pemimpin Korut Agustus, Disarankan Oleh Presiden AS Trump
Daily Express
Kim Jong Un pemimpin Korea Utara (kiri) dan PM Jepang Shinzo Abe (kanan) 

Laporan Koresponden Tribunnews.com, Richard Susilo dari Jepang

TRIBUNNEWS.COM, Tokyo - Pertemuan kedua Kepala Negara AS Donald Trump dan pemimpin Korea Utara (Korut) Kim Jong Un di Singapura 12 Juni 2018 ternyata juga dengan bisikan Trump mengusulkan agar Kim bertemu Shinzo Abe dan Abe kini mempertimbangkan kemungkinan bertemu Kim bulan Agustus mendatang.

"Trump menyampaikan ke Kim saat pertemuan tersebut masalah penculikan warga Jepang oleh Korut dan juga ternyata bersama saran Trump agar Kim menemui pula Abe membicarakan masalah tersebut," papar sumber Tribunnews.com Kamis ini (14/6/2018).

Meskipun demikian Kim tidak berkomentar apa pun mengenai saran Trump tersebut, hanya mendengarkan saja, tambahnya.

"Hal tersebut membuka kemungkinan pembicaraan kembali masalah penculikan warga Jepang oleh Korut di masa lalu untuk ditindaklanjuti oleh Abe. Apabila masalah itu final tak mau diungkit lagi, mestinya Kim menyatakan masalah itu sudah selesai kepada Trump. Tetapi kali ini hanya diam saja."

Olehkarena itu Abe merencanakan pertemuan dengan Kim bulan Agustus mendatang apabila memungkinkan bagi kedua belah pihak.

Sementara biaya pembangunan nuklir dan persenjataan nuklir Korut diperkirakan mencapai sedikitnya 400 miliar yen atau sekitar 4 miliar Dolar AS dan apabila fasilitas nuklir Korut ditutup maka sedikitnya satu miliar yen dibutuhkan untuk pembenahan tersebut dan dana dari badan energi atom internasional (IAEA) yang didukung oleh Jepang dan Amerika Serikat.

"Kita akan bantu pendanaan lewat IAEA apabila penutupan fasilitas nuklir Korut dilakukan di masa depan," papar Yoshihide Suga Sekretaris Kabinet Jepang kemarin dalam jumpa persnya.

  Loading comments...
berita POPULER
© 2018 TRIBUNnews.com All Right Reserved
Atas