Tribun
TribunJualbeli
Tribunnews.com
Tribun Network
About Us
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
No Thumbnail
Desktop Version
Deutsche Welle

Seperti Apa Sosok Atlet Lalu Muhammad Zohri Yang Raih Medali Emas di Kejuaraan Dunia?

Pelari muda yang baru saja mencatatkan sejarah bagi Indonesia dengan meraih medali emas dalam kejuaraan dunia IAAF lari 100 meter,…

Pelatih nasional atletik yang menangani nomor lari jarak pendek putra, Eni Nuraeni, mengatakan Lalu Muhammad Zohri dikaruniai gen otot cepat. Anak asuhnya berhasil meraih medali emas dalam kejuaraan dunia atletik junior di Tampere, Finlandia, Rabu (11/7).

"Dia memang memiliki bakat alam dan fisiknya sangat mendukung. Jadi dia punya gen otot cepat. Kami tinggal melatih sedikit dan jadi," kata Eni.

Atlet yang berasal dari Nusa Tenggara Barat (NTB) itu, mencatatkan waktu 10,18 detik untuk mencapai garis finis. Ia mengalahkan dua pelari unggulan Amerika Serikat, Anthony Schwartz dan Eric Harrison, yang sama-sama mencatat waktu 10,22 detik.

Diwawancara seusai perlombaan, Lalu yang baru berusia 18 tahun ini tidak dapat menyembunyikan kebahagiaannya.

"Saya mau berpesta malam ini! Ini sangat baik untuk Indonesia. Saya tidak tahu harus bilang apa, saya kehilangan kata-kata – wow!" kata dia.

"Saya telah berusaha semampunya dan terima kasih Tuhan. Saya sangat puas dengan PB dan rekor nasional junior saya. Kini saya akan berlatih untuk Asian Games bulan depan. Saya sangat bangga – ini adalah pengalaman yang luar biasa dan hebat untuk karir saya."

Ucapan selamat berdatangan

Keberhasilan Lalu mencatat rekor disambut baik oleh berbagai kalangan di Indonesia. Presiden Joko Widodo menyatakan kebanggaannya tarhadap prestasi yang diraih Lalu.

"Tentu saja kita bangga ada anak bangsa jadi juara. Saya kira tidak saya saja, tapi seluruh rakyat Indonesia senang dan bangga," kata Jokowi, Kamis (12/7).

Sementara Menteri Luar Negeri Retno Marsudi mengucapkan selamat dan rasa bangganya melalui akun twitter.

Asosiasi Internasional Federasi Atletik (IAAF) mengatakan kemenangan itu adalah momen bersejarah bagi Indonesia.

Karir gemilang

Halaman
12
Ikuti kami di
Add Friend
Sumber: Deutsche Welle
  Loading comments...
berita POPULER
© 2018 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas