Tribun
TribunJualbeli
Tribunnews.com
Tribun Network
About Us
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
No Thumbnail
Desktop Version
BBC

Siapakah Andrew Brunson, pendeta AS di tengah-tengah krisis diplomatik dengan Turki?

Pendeta Andrew Brunson akhirnya dibebaskan oleh pengadilan Turki meskipun dinyatakan bersalah dalam kasus terorisme yang telah membuat hubungan

Seorang pendeta evangelis warga Amerika Serikat dibebaskan oleh pengadilan Turki meskipun dinyatakan bersalah dalam kasus terorisme.

Andrew Brunson - yang kasusnya menimbulkan krisis dalam hubungan antara Turki dan Amerika Serikat - dijatuhi hukuman penjara selama tiga tahun dan satu bulan.

Namun dalam sidang di Izmir, Turki, pada Jumat (12/10), ia dibebaskan karena telah menjalani masa tahanan selama dua tahun.

Dalam sidang itu, tiga saksi yang diajukan penuntut dilaporkan menarik kesaksian mereka.

Brunson menegaskan ia tidak bersalah.

Kisah pendeta

Gereja Kebangkitan di kota pesisir Turki, Izmir, hanyalah sebuah bangunan berwarna kuning di jalan sempit tidak jauh dari dermaga kapal feri.

Terdapat papan tersembunyi yang mewakili jemaat Presbyterian, yang jumlahnya hanya puluhan orang.

Tetapi hari-hari yang penuh kedamaian telah berakhir. Akhir-akhir ini, misa hari Minggu menjadi perhatian para wartawan dunia.

Gereja ini menjadi pusat pertikaian diplomatik paling sengit antara Amerika Serikat dan Turki. Masalah ini dipicu oleh seorang pendeta Amerika yang menurut pemerintah Turki telah melakukan kegiatan terorisme di wilayah Turki.

Penahanan

Sampai dua tahun lalu, Pendeta Andrew Brunson bekerja dengan tentram di gerejanya, menurut teman-temannya. Dia memimpin jemaat kecil yang dibentuknya di Izmir pada tahun 2010.

Halaman
1234
Ikuti kami di
Add Friend
Sumber: BBC Indonesia
BBC
  Loading comments...
berita POPULER
© 2018 TRIBUNnews.com All Right Reserved
Atas