Tribun
TribunJualbeli
Tribunnews.com
Tribun Network
About Us
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
No Thumbnail
Desktop Version
BBC

Topan Michael yang menghantam Amerika bagai 'induk dari segala bom'

Badai itu meluluh-lantakkan sebuah kota hingga nyaris rata sepenuhnya dengan tanah, dan menjungkir-balikkan kereta barang berbobot 30 ton.

Badai Michael yang menerjang daratan sebuah kota pantai di Florida bagaikan "induk dari segala bom", nyaris melenyapkan kota itu dari peta, kata para pejabat.

Badai menerjang masuk ke pantai barat laut negara bagian itu dekat Pantai Meksiko pada Rabu dengan angin berkecepatan 250km/jam.

Badai yang tergolong salah satu yang paling kuat dalam sejarah AS itu, telah menewaskan 16 orang, dan dicemaskan jumlah korban akan meningkat.

Tim penyelamat 'masih belum bisa menjangkau beberapa daerah yang mengalami kerusakan paling berat,' kata seorang pejabat dinas darurat.

Belum dilaporkan adanya korban dari Mexico Beach, tetapi tim penyelamat belum melakukan pencarian menyeluruh atas daerah yang mengalami kehancuran di sana.

Sementara itu, lebih dari 1 juta rumah di Florida, Alabama, Georgia, Virginia, dan Carolina, masih mengalami pemutusan aliran listrik .


Badai Michael ini hanya kurang 3 km/jam kecepatannya dari badai kategori lima, menghancur-leburkan seluruh kawasan itu sebelum bergerak ke laut pada Jumat pagi.

Angin kencang dan air bah menyapu rumah-rumah tepi pantai dan mencerabutnya dari fondasinya, memecahkan perahu-perahu berkeping-keping dan menjungkir-balikkan kereta api barang lebih dari 30 ton tak ubahnya mainan.

A tree on a home in Mexico Beach, Florida
Getty Images
Much of the damage in Mexico Beach, Florida was caused by the over-100mph winds.


Seorang penduduk Mexico Beach tampak menangis dalam gambar yang terekam CNN: ia bahkan kesulitan menemukan jalan tempatnya tinggal, lebih-lebih rumahnya.

Halaman
123
Ikuti kami di
Add Friend
Sumber: BBC Indonesia
BBC
  Loading comments...
berita POPULER
© 2018 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas