Tribun
TribunJualbeli
Tribunnews.com
Tribun Network
About Us
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
No Thumbnail
Desktop Version

PM Shinzo Abe Tegaskan Dukungan Pemerintah terhadap Pasukan Bela Diri Jepang

Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe mengklarifikasi kembali dukungan pemerintah terhadap kegiatan Pasukan Bela Diri Jepang agar selalu terlindungi UU.

PM Shinzo Abe Tegaskan Dukungan Pemerintah terhadap Pasukan Bela Diri Jepang
Koresponden Tribunnews.com/Richard Susilo
Upacara angkatan bersenjata Jepang di Asaka Perfektur Saitama, Minggu (14/10/2018) dihadiri Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe. 

Laporan Koresponden Tribunnews.com, Richard Susilo di Jepang

TRIBUNNEWS.COM, TOKYO - Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe mengklarifikasi kembali dukungan pemerintah terhadap kegiatan Pasukan Bela Diri (SDF) Jepang agar selalu terlindungi oleh UU dan konstitusi yang ada.

Dukungan tersebut disampaikan Shinzo Abe saat menghadiri upacara peringatan Hari Angkatan Bersenjata Jepang, Minggu (14/10/2018) di Pusat Pelatihan Ashizuma di Asaka, Perfektur Saitama.

"Kegiatan SDF adalah tanggung jawab politisi yang ada sekarang untuk menyiapkan lingkungan di mana semua personel SDF dapat melakukan tugas mereka dengan bangga dan terlindungi dengan baik termasuk juga mengikuti UU serta sesuai Konstitusi yang ada," kata PM Abe dalam upacara angkatan bersenjata Jepang, Minggu (14/10/2018) di Pusat Pelatihan Ashizuma Angkatan Bela Diri Darat di Asaka, Perfektur Saitama.

Upacara tersebut dihadiri sekitar 4.000 anggota SDF termasuk para pimpinan angkatan.

Baca: Kesaksian Korban Gempa Palu: Air Tsunami tidak Masuk ke Masjid Jami Pantoloan, Hanya Melompati Kubah

"Sekitar 90 persen dari masyarakat sekarang mengakui keberadaan Pasukan Bela Diri dengan hormat. Sementara keberadaan SDF di waktu lalu pernah dilihat dengan mata sebelah. Kini anda mendapatkan kepercayaan dengan tangan anda sendiri," kata Abe.

PM Abe menyatakan bersedia untuk memenuhi tanggungjawabnya dengan tegas.

"Dan saya sekali lagi menyatakan kesediaan untuk memperjelas SDF dengan revisi konstitusi yang ada," kata Abe.

Perdana Menteri Shinzo Abe mengatakan pada pedoman Desember tentang pengembangan kemampuan pertahanan, bahwa Jepang dapat membangun keunggulan kompetitif dalam ruang baru seperti ruang dan cyber, untuk bisa membela negara dengan baik.

"Kita perlu menunjukkan sosok yang seharusnya menjadi kemampuan pertahanan untuk menjadi landasan masa depan pada beberapa dekade ke depan," kata Abe.

Baca: Yenny Wahid Mundur dari Posisi Direktur Wahid Institute Demi Jokowi

Selesai upacara, sekitar 260 anggota SDF berpawai termasuk anggota kelompok militer amfibi dan kendaraan amfibi.

Demikian pula mobil amfibi, yang telah ditetapkan sebagai unit khusus untuk melakukan operasi pendaratan pada bulan Maret tahun ini untuk pertahanan pulau-pulau.

Tak ketinggalan angkatan Penerbangan F35A, pesawat tempur terbaru Angkatan Udara Bela Diri yang mulai dikerahkan mulai Januari, menampilkan atraksinya di atas wilayah Perfektur Saitama.

Ikuti kami di
Add Friend
Editor: Dewi Agustina
  Loading comments...

Baca Juga

berita POPULER
© 2018 TRIBUNnews.com All Right Reserved
Atas