Tribun
TribunJualbeli
Tribunnews.com
Tribun Network
About Us
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
No Thumbnail
Desktop Version

Yordania Bicarakan Pertimbangan Tutup Kamp Pengungsi Suriah dengan AS dan Rusia

"Pembicaraan antara Yordania dengan AS dan Rusia telah dimulai dengan tujuan ingin mencari solusi mendasar bagi Rukban," katanya

Yordania Bicarakan Pertimbangan Tutup Kamp Pengungsi Suriah dengan AS dan Rusia
Istimewa
Bantuan kemanusiaan untuk pengungsi Suriah 

TRIBUNNEWS.COM - Dalam pembicaraan antara Pemerintah Yordania dengan Amerika Serikat dan Rusia, ada upaya untuk menutup kamp pengungsian yang ada di perbatasan wilayah Yordania dengan Suriah.

Kementerian Luar Negeri Yordania, pada Kamis (8/11/2018), menyebut ingin mencari solusi untuk kamp di al-Rukban, yang menjadi rumah bagi sekitar 50.000 pengungsi Suriah, termasuk banyak perempuan dan anak-anak.

"Pembicaraan antara Yordania dengan AS dan Rusia telah dimulai dengan tujuan ingin mencari solusi mendasar bagi Rukban dengan memastikan kondisi yang tepat dari kembalinya para pengungsi secara sukarela ke kota dan kampung halaman mereka."

"Yordania mendukung rencana Rusia untuk menciptakan kondisi yang memungkinkan untuk dilakukannya pengosongan kamp," kata juru bicara Kementerian Luar Negeri Yordania, Majed al-Qatameh, dilansir dari The New Arab.

Rusia menawarkan kepada pengungsi untuk kembali ke rumah mereka di Suriah timur yang telah kembali dikuasai oleh rezim pemerintah Bashar al-Assad.

Sementara para mantan anggota pemberontak kemungkinan akan mencari perlindungan ke daerah-daerah oposisi di wilayah utara Suriah.

Namun pada kepala suku di kamp mengatakan, warga masih ragu untuk kembali ke Suriah karena khawatir akan dipaksa mengikuti wajib militer.

Kamp pengungsian di Rukban terletak di dekat jalan utama yang menghubungkan Baghdad dengan Damaskus dan berada di antara berbatasan Suriah, Irak dan Yordania.

Wilayah Rukban baru-baru ini menerima pasokan bantuan setelah sebelumnya sempat dikepung oleh pasukan rezim, yang menyebabkan beberapa kematian akibat kelaparan dan penyakit.

Pengepungan diperkirakan dilakukan sebagai upaya rezin Suriah untuk menekan AS yang menjalankan kamp militer di al-Tanf.

Pengepungan baru berakhir setelah koalisi pimpinan AS melancarkan serangan udara dan memukul mundur pasukan rezim.

Penulis : Agni Vidya Perdana

Berita ini telah tayang di Kompas.com dengan judul: Yordania Pertimbangkan untuk Menutup Kamp Pengungsi Suriah di Perbatasan

Ikuti kami di
Add Friend
Editor: Imanuel Nicolas Manafe
Sumber: Kompas.com
  Loading comments...

Baca Juga

berita POPULER
© 2018 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas