Tribun
TribunJualbeli
Tribunnews.com
Tribun Network
About Us
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
No Thumbnail
Desktop Version
BBC

Kisah ahli waris palsu yang menipu para sosialita New York

Anna Delvey tinggal di hotel bintang lima, mengenakan pakaian para perancang ternama, menghadiri pesta-pesta eksklusif dan terbang dengan jet

Ia memperkenalkan dirinya sebagai Anna Delvey, ahli waris keturunan Jerman dengan kekayaan senilai US$67 juta (Rp944,2 miliar).

Delvey tinggal di hotel bintang lima, mengenakan pakaian para perancang ternama, menghadiri berbagai pesta eksklusif, bepergian dengan jet pribadi dan royal memberi uang tip sebesar US$100 (Rp1,4 juta).

Identitasnya dengan cepat memberinya tempat di antara masyarakat kelas atas di kota New York.

Yang jadi soal, sosok Nona Delvey tak pernah benar-benar ada. Nama aslinya adalah Anna Sorokin, seorang penipu perempuan keturunan Jerman-Rusia berusia 28 tahun, yang kini tengah diadili dalam kasus pencurian uang lewat sejumlah aksi penipuan senilai total US$275 ribu (Rp3,8 miliar).

"Diduga terdakwa melakukan tindak pidana mulai dari cek palsu hingga pinjaman senilai enam digit, termasuk sejumlah penipuan yang membuatnya mendapatkan perjalanan gratis ke Maroko dan terbang menggunakan pesawat pribadi," ungkap Cyrus Vance, Jaksa Distrik Manhattan, yang mengajukan tuntutan awal terhadapnya pada Oktober 2017 lalu.

Anna Sorokin di Tumblr Fashion Honor presented to Rodarte pertama yang digelar di The Jane Hotel, 9 September 2014 di New York, AS
Getty Images
Anna Sorokin (kanan) pada sebuah peragaan busana di New York tahun 2014 - sebelum masa di mana ia terlibat kasus penipuan yang dipersidangkan

Jet pribadi dan liburan mewah

Menurut jaksa, antara November 2016 dan Agustus 2017, Sorokin tidak hanya menipu hotel, bank, dan bisnis, tetapi juga teman-temannya.

Ia merasa betah dalam dunia mode dan seni rupa serta menyatakan rencana untuk mendirikan klub seni swasta, yang akan dinamai Yayasan Anna Delvey.

Sorokin mengaku ia perlu meminjam sejumlah uang, dengan dalih kerumitan birokrasi menghalanginya memindahkan kekayaan yang dimilikinya dari Eropa ke AS.

Pada bulan November 2016, ia membuat laporan bank palsu dan dokumen palsu lainnya untuk mengajukan pinjaman sebesar US$22 juta (Rp310 miliar) untuk membuka klub seninya di Manhattan.

Anna Sorokin
theannadelvey/Instagram
Tidak peduli reputasinya, Anna Sorokin memiliki lebih dari 56 ribu pengikut di Instagram

Permintaan dengan jumlah tersebut ditolak, namun ia tetap diberikan uang muka sebesar US$100 ribu (Rp1,4 miliar)

Halaman
12
Ikuti kami di
Add Friend
Sumber: BBC Indonesia
BBC
  Loading comments...
berita POPULER
© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas