Tribun
TribunJualbeli
Tribunnews.com
Tribun Network
About Us
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
No Thumbnail
Desktop Version
Deutsche Welle

Presiden Prancis: Kami Akan Bangun Kembali Katedral Ini

Presiden Prancis Emmanuel Macron berjanji akan membangun kembali katedral abad pertengahan Notre Dame setelah kebakaran besar menghancurkan…

Katedral Notre Dame terbakar pada Senin (15/04) malam waktu setempat, api meruntuhkan puncak menara dan melahap atap gereja bergaya arsitektur gotik itu.

Petugas pemadam kebakaran berhasil menyelamatkan struktur batu utama bangunan berusia 850 tahun ini. Api pun dinyatakan terkendali setelah hampir sembilan jam mengamuk.

Belum jelas diketahui penyebab kebakaran namun kemungkinan berkaitan dengan pekerjaan renovasi yang sedang berlangsung.

Pernyataan resmi dari petugas pemadam kebakaran mengatakan mereka berhasil menyelamatkan kedua menara katedral dari kehancuran.

Mengunjungi lokasi kebakaran pada Senin malam, Presiden Macron mengatakan bahwa hal "terburuk telah dihindari" karena struktur utama katedral dapat diselamatkan.

Ia pun berjanji akan meluncurkan skema penggalangan dana internasional untuk upaya rekonstruksi.

"Kami akan membangun kembali katedral ini bersama-sama, dan ini tidak diragukan lagi adalah bagian dari takdir Prancis dan inilah proyek yang akan kami lakukan di tahun-tahun mendatang," kata Macron.

"Itu yang diharapkan oleh Perancis karena itulah yang pantas untuk sejarah kita," tambahnya. Macron tampak emosional dan menyebut kejadian ini sebagai "tragedi mengerikan."

Miliarder Prancis Fran├žois-Henri Pinault, yang memiliki merek-merek fashion Gucci dan Yves Saint Laurent, telah menjanjikan € 100 juta (£ 86 juta; $ 113 juta, RP 1,6 triliun) untuk membangun kembali Notre-Dame.

Badan amal Prancis, Fondation du Patrimoine, meluncurkan penggalangan dana internasional untuk katedral yang berstatus Situs Warisan Dunia Unesco.

Halaman
123
Ikuti kami di
Add Friend
Sumber: Deutsche Welle
  Loading comments...
berita POPULER
© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas