Tribun
TribunJualbeli
Tribunnews.com
Tribun Network
About Us
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
No Thumbnail
Desktop Version
BBC

Trump umumkan darurat nasional demi lindungi jaringan komputer dari 'musuh-musuh asing'

Presiden Amerika Serikat, Donald Trump, mengumumkan darurat nasional demi melindungi segenap jaringan komputer AS dari "musuh-musuh asing".

Presiden Amerika Serikat, Donald Trump, mengumumkan darurat nasional demi melindungi segenap jaringan komputer AS dari "musuh-musuh asing".

Pengumuman itu disertai penandatanganan surat perintah presiden yang secara efektif melarang semua perusahaan AS menggunakan jasa telekomunikasi asing yang diyakini menghadirkan risiko keamanan terhadap negara.

Trump tidak menyebut nama perusahaan secara spesifik dalam surat perintah tersebut.

Namun, sejumlah analis menduga Trump sejatinya sedang menyasar perusahaan telekomunikasi raksasa China, Huawei.

Berbagai negara, termasuk AS, telah mengungkapkan kerisauan mereka bahwa produk-produk perusahaan tersebut dapat dipakai pemerintah China untuk memata-matai. Huawei sendiri berkeras produk mereka tidak menimbulkan ancaman.

Apa bunyi perintah Trump?

Menurut pernyataan Gedung Putih, perintah Trump bertujuan "melindungi Amerika dari musuh-musuh asing yang secara aktif terus menciptakan dan mengeksploitasi kerentanan dalam infrastruktur dan layanan informasi serta komunikasi".

Perintah itu memberi kewenangan kepada menteri perdagangan untuk "melarang transaksi yang menimbulkan risiko terhadap keamanan nasional yang tidak bisa diterima".

Langkah Trump disambut baik Ketua Komisi Komunikasi Federal, Ajit Pai, yang menyebut tindakan tersebut "sebuah langkah signifikan menuju pengamanan jejaring Amerika".

Sebelum Trump mengumumkan darurat nasional, pemerintah AS telah melarang lembaga-lembaga federal menggunakan semua produk Huawei sekaligus mendorong para negara sekutu untuk menolak perusahaan itu.

Huawei
Reuters
Huawei merupakan pembuat peranti telekomunikasi terbesar di dunia.

Sejauh ini Australia dan Selandia Baru telah memblokir peranti Huawei dalam penggunaan jaringan 5G.

Halaman
12
Ikuti kami di
Add Friend
Sumber: BBC Indonesia
BBC
  Loading comments...
© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas