Tribun
TribunJualbeli
Tribunnews.com
Tribun Network
About Us
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
No Thumbnail
Desktop Version
BBC

Kesaksian penyintas tragedi Chernobyl: 'Saya melihat sendiri kehancurannya'

Mantan teknisi dan penyelam memberikan kesaksian mereka atas tragedi nuklir Chernobyl dan membandingkan penggambarannya dalam mini seri yang

Beberapa jam setelah bencana nuklir terburuk di dunia, insinyur Oleksiy Breus memasuki ruang kendali reaktor nomor 4 di pembangkit listrik tenaga nuklir Chernobyl di Ukraina.

Sebagai anggota staf pembangkit listrik sejak 1982, dia menjadi saksi hidup apa yang terjadi setelah ledakan yang terjadi pada 26 April, 33 tahun lalu.

Kisah bencana ledakan reaktor nuklir ini, seperti diceritakan dalam miniseri yang disiarkan HBO/Sky, mendapat penilaian 9,6 di situs IMDb, menjadikannya serial ini menjadi tayangan TV peringkat atas.

Orang-orang Rusia dan Ukraina telah menontonnya melalui internet dan miniseri ini menjadi film yang paling digemari, menurut situs rating Rusia, Kinopoisk.

Breus bekerja dengan banyak orang yang digambarkan dalam mini seri itu dan memberikan penilaiannya tentang film itu.

Peringatan: Kisah ini berisi alur cerita dari miniseri.

Film ini berdasar fakta atau fiksi?

"Saya sangat terkejut mereka bahkan membawa kita ke sana," tutur Breus, mengisahkan tentang pagi hari setelah ledakan terjadi.

"Reaktornya terlihat sangat hancur, seperti tidak ada yang tersisa di sana."

Beberapa dari kejadian yang dia saksikan pagi hari itu secara realistis digambarkan dalam mini seri dengan lima episode itu, katanya, namun bebera yang lain dia gambarkan sebagai fiksi.

"Bencana Chernobyl digambarkan dengan cara yang sangat kuat, sebagai bencana global yang menyerap sejumlah besar orang. Juga, emosi dan suasana hati pada waktu itu ditampilkan dengan sangat tepat, baik di antara personel maupun pihak berwenang.

Halaman
1234
Ikuti kami di
Add Friend
Sumber: BBC Indonesia
BBC
  Loading comments...
© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas