Tribun
TribunJualbeli
Tribunnews.com
Tribun Network
About Us
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
No Thumbnail
Desktop Version
BBC

Amerika Serikat perlihatkan video tentara Iran singkirkan bom yang tidak meledak dari tanker di Teluk

Dua kapal minyak mengalami kerusakan diduga akibat serangan di Teluk Oman, Amerika Serikat menuduh Iran berada di balik serangan sementara Iran

Pihak militer Amerika Serikat mengedarkan video yang memperlihatkan tentara khusus Iran memindahkan ranjau yang tak meledak dari sisi kapal tanker yang rusak dalam serangan di Teluk Oman hari Kamis (13/06).

Amerika juga mengedarkan gambar tanker Jepang memperlihatkan ranjau yang tak meledak sebelum dipindahkan.

Sebuah kapal tanker Norwegia juga dilaporkan kena hantaman tiga ledakan.

Amerika menuduh Iran berada di belakang serangan tersebut, tetapi Iran menolak tuduhan tersebut.

Ledakan ini terjadi sebulan setelah empat kapal tanker rusak dalam sebuah serangan di lepas pantai Uni Emirat Arab. Amerika menyalahkan Iran untuk serangan tersebut, tetapi tidak memberi bukti. Iran juga menolak tuduhan tersebut.

Ketegangan antara Amerika Serikat dan Iran meningkat drastis sejak presiden Donald Trump menjabat tahun 2017. Ia mengabaikan kesepakatan nuklir yang dijembatani pemerintahan Obama dan memperketat sanksi terhadap Iran.

Sejak serangan ini, harga minyak dunia melambung 4%, lapor Bloomberg.

Menteri Luar Negeri Amerika Serikat, Mike Pompeo, menuding Iran melakukan "serangan-serangan tanpa diprovokasi" terhadap dua kapal tanker di Teluk Oman.

Pompeo mengatakan AS telah membuat tinjauan tentang tipe senjata yang digunakan dalam serangan berdasarkan laporan intelijen.

Sebelumnya, seorang pejabat senior Iran menegaskan kepada BBC bahwa ""Iran tidak ada kaitannya" dengan rangkaian ledakan pada Kamis (13/06) pagi.

Halaman
1234
Ikuti kami di
Add Friend
Sumber: BBC Indonesia
BBC
  Loading comments...
© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas