close [x]
Tribun Kesehatan

Stres Akibat Rambut Rontok dan Nyaris Kehilangan Payudara

Selasa, 17 Juli 2012 10:40 WIB
Stres Akibat Rambut Rontok dan Nyaris Kehilangan Payudara
TRIBUNNEWS.COM/ AGUNG BUDI SANTOSO
Treadmil alias jogging di tempat jadi ritual pagi Rima Melati. Ini adalah bagian gaya hidup sehatnya setelah bebas kanker payudara dan usus akibat merokok di masa lalu. 

Tak berlebihan kalau Rima Melati jadi icon (simbol) sukses melawan rokok setelah sekian lama kecanduan batang tembakau itu. Ia pantas pula jadi icon semangat tinggi bangkit dari keterpurukan setelah divonis kanker usus dan kanker payudara akibat rokok. Bagaimana liku kisah sang aktris senior ini terbebas dari kanker?

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA

SUATU pagi di akhir tahun 1989, Rima Melati sedang duduk termenung di teras rumahnya yang asri di kawasan Tanah Kusir II No 7 C Jakarta Selatan.

Hembusan segar udara pagi dan rerimbunan pohon di teras rumahnya tak mampu mengusir kegalauan hatinya.

Ia menyisir rambutnya dan seolah menghitung sudah berapa helai rontok ke lantai. Cukup banyak yang berguguran, isyarat ada yang tak beres dengan kesehatan badannya. Sesaat kemudian, ia memegangi payudara sebelah kirinya yang bengkak dan terasa ngilu sekali.

"Ya Tuhan, beri hamba solusi agar tak kehilangan payudara kiriku ini," ujar artis lawas bernama asli Marjolien Tambajong. Tanpa sadar buliran-buliran air mata berlinangan di pipinya.

Frans Tumbuan, sang suami tercinta, kemudian memeluknya dengan hangat, sembari menghibur. "Sudahlah, Ma. Jangan larut dalam kesedihan. Jalani saja operasi dengan tabah. Nanti indah pada waktunya," hibur Frans. Namun Rima Melati tetap menangis, sesenggukan.

  Loading comments...
© 2015 TRIBUNnews.com All Right Reserved