Tribun Kesehatan
TribunJualbeli
Tribunnews.com
Tribun Network
About Us
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
No Thumbnail
Desktop Version

Donor Darah Solusi Atasi Penyumbatan Pembuluh Darah

Dari sudut medis tindakan menyumbang darah merupakan kebiasaan baik bagi kesehatan pendonor.

Donor Darah Solusi Atasi Penyumbatan Pembuluh Darah
TRIBUN JABAR/GANI KURNIAWAN
Seorang petugas mengecek labu darah di ruang pendingin Kantor PMI Kota Bandung, Jalan Aceh, Kota Bandung, Senin (27/6/2016). Mengantisipasi menyusutnya jumlah pendonor selama Ramadan, PMI Kota Bandung membuka layanan 24 jam dan pelayanan donor darah dengan sistem jemput bola, karena saat ini persediaan darah di PMI Kota Bandung hanya bisa memenuhi kebutuhan untuk tiga hari ke depan. TRIBUN JABAR/GANI KURNIAWAN 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Darah bagi sebagian orang bisa menimbulkan kengerian. Apalagi, kalau kemudian disangkutkan dengan donor darah. "Wah, darah saya berkurang dong?" demikian yang terbersit di benak mereka.

Selain kengerian, ada juga pengakuan lain seputar donor darah. Ada yang mengaku malah mengalami kenaikan bobot badan bila berdonor.

Ada yang sembuh dari alergi. Bahkan ada yang bilang, jangan hanya sekali berdonor, kalau tak ingin tekanan darahnya naik.

Dari sudut medis tindakan menyumbang darah merupakan kebiasaan baik bagi kesehatan pendonor.

Salah satunya, dengan berdonor darah secara teratur berarti Anda melakukan pemeriksaan kesehatan secara teratur pula.

Karena memang sebelum mendonorkan darah orang harus lebih dulu diperiksa kesehatannya secara lengkap.

Banyak penyakit yang terkadang tidak bergejala, seperti tekanan darah tinggi, ditemukan secara tidak sengaja dalam pemeriksaan rutin, yakni dalam selang waktu minimal 56 hari sekali.

Jadi, tidak benar bila dikatakan sekali mendonorkan darah kita harus terus-terusan menjadi donor agar tidak terjadi hipertensi (tekanan darah tinggi).

Yang benar, itu tadi, bila dilakukan secara teratur, kesehatan kita akan diperiksa secara teratur pula melalui pemeriksaan sebelum mendonorkan darah.

Mengapa menyumbang darah sebaiknya dilakukan secara rutin? Darah yang kita sumbangkan dapat expired (kadaluarsa) bila tidak terpakai.

  Loading comments...
© 2017 TRIBUNnews.com All Right Reserved
Atas