Tribun Kesehatan
TribunJualbeli
Tribunnews.com
Tribun Network
About Us
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
No Thumbnail
Desktop Version

Jangan Salahgunakan Obat, Baca Aturan Pakai Lebih Seksama!

Kebanyakan orang terkadang sepele dengan penyakit batuk, padahal tetap saja bisa mengganggu aktivitas harian Anda.

Jangan Salahgunakan Obat, Baca Aturan Pakai Lebih Seksama!
Ilustrasi. 

TRIBUNNEWS.COM – Kebanyakan orang terkadang sepele dengan penyakit batuk, padahal tetap saja bisa mengganggu aktivitas harian Anda.

Mulai dari tablet hingga cair, obat batuk dapat ditemukan di berbagai apotek dan toko obat. Beberapa mengklaim kalau obat sirup lebih efektif dalam menyembuhkan tenggorokan sakit, apalagi jenis ini cocok untuk anak kecil.

Komix sebagai salah satu merek obat batuk sirup terpercaya, sudah puluhan tahun meredakan gejala batuk dan pilek.

Komix mengandung campuran Dextromethorpan Hbr yang berperan untuk mengatasi batuk kering, Guaifenesin yang berfungsi untuk mengencerkan dahak (ekspektoran) dan Chlorpheniramine Maleat yang berguna untuk mengatasi alergi. Kandungan dalam Komix pun terbilang aman.

Sama seperti obat-obat lainnya, mengkonsumsi obat batuk tentulah harus dalam kadar aman, wajar dan sesuai dengan aturan pakai, beberapa komposisi seperti Dextromethorpan Hbr, Guefenesin,  sama seperti obat batuk lain pada umumnya tentu dapat menyebabkan sejumlah efek samping, tetapi dapat dipastikan tidak membahayakan diri Anda selama dikonsumsi dalam batas wajar & sesuai anjuran aturan pakai.

Beberapa efek samping ini diantaranya mengantuk ataupun dahak menjadi kental. Pada beberapa kasus,  adapun yang mengalami kerongkongan kering dan gangguan pencernaan.

komix
Nomor Ijin Edar (NI) : DTL9502807737A1 (Komix Jeruk Nipis), DTL9202805837A1 (Komix Jahe), DTL9102803337A1 (Komix Peppermint), dan DTL1402813237A1 (Komix OBH)

Karena bentuknya sirop, Komix langsung dapat diminum langsung dari kemasan. Bentuknya praktis sehingga mudah dibawa kemanapun Anda pergi. Dianjurkan bagi pasien dewasa dan anak-anak usia 12 tahun ke atas untuk mengonsumsi obat 3 x 1-2 sachet sehari.

Untuk anak-anak di bawah usia 6-12 tahun bisa menkonsumsi Komix Kid, tidak dianjurkan untuk wanita hamil, dan menyusui kecuali jika sudah mendapatkan persetujuan dokter. Selain itu, hati-hati untuk penggunaan bersamaan dengan obat-obatan lain.

Sebaiknya simpanlah Komix pada suhu ruangan yang jauh dari cahaya langsung dan ruangan lembap. Untuk mencegah kerusakan obat, hindari menyimpan di kamar mandi. Jauhi pula obat dari anak-anak dan binatang peliharaan.

Tinjauan Yuridis

dr Andri, SpKJ, FAPM, dari Klinik Psikosomatik RS Omni Alam Sutera, mengatakan bahwa memang Dextromethorpan Hbr, salah satu zat yang ada dalam kandungan semua obat batuk, yang bekerja sebagai antitusif yang berperan untuk menekan batuk kering/aktif, Dextro juga mmemiliki efek samping, namun, hanya sebatas bikin mengantuk.

Butuh dosis banyak sebelum dextromethorpan Hbr bisa menimbulkan efek samping parah seperti halusinasi.

“Kalau dosis yang ada di kemasan obat batuk biasanya aman, paling-paling bikin kantuk saja, itu efek samping biasa. Nah, apabila digunakan dalam dosis yang berlebihan, misalnya puluhan sachet, tentu bisa mencapai efek halusinasi,”jelasnya.

Faktanya, secara yuridis, Komix merupakan obat yang aman &  legal yang dapat menyembuhkan batuk selama penggunaannya masih dalam batas wajar. Disarankan kepada orang tua untuk selalu mengawasi anak-anaknya dari obat-obatan tersebut.

  Loading comments...
berita POPULER
© 2018 TRIBUNnews.com All Right Reserved
Atas