Tribun Kesehatan
TribunJualbeli
Tribunnews.com
Tribun Network
About Us
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
No Thumbnail
Desktop Version

Bulan Puasa, Tidak Perlu Berhenti Olahraga

Dr Ranj merekomendasikan jalan cepat, jogging ringan dan olahraga aerobik ringan. Selain itu, perhatikan waktu olahraga.

Bulan Puasa, Tidak Perlu Berhenti Olahraga
BOLASPORT.COM

TRIBUNNEWS.COM - Saat menjalankan ibadah puasa, sebenarnya hanya pola makan kita yang berubah. Seharusnya aktivitas lain tetap berjalan seperti biasa, termasuk olahraga.

Dokter dan presenter Dr Ranj Singh, menekankan pentingnya menjaga tubuh tetap sehat sepanjang Bulan Ramadhan, namun olahraga yang dilakukan juga tidak perlu seberat biasanya.

Sebab, puasa lebih dari 12 jam akan berdampak pada kemampuan tubuh berolahraga.

"Tetaplah jaga agar tubuh sehat dan bugar, tapi jangan berlebihan karena justru akan membuat tubuhmu kurang baik," kata Dr Ranj seperti dikutip BBC.

Jadi, olahraga seperti apa yang tepat dilakukan saat berpuasa?

Dr Ranj merekomendasikan jalan cepat, jogging ringan dan olahraga aerobik ringan. Selain itu, perhatikan waktu olahraga.

Menurutnya, banyak orang merasa lebih mudah pergi kerja jika bangun di pagi hari dan pergi sebelum fajar. Saat itu, mereka merasa bisa membangun cadangan energi tubuh untuk digunakan hingga malam hari.

Meski begitu, Dr Ranj menyadari, olahraga terlalu pagi justru kurang ideal bagi tubuh. Saat berpuasa, kita bisa memilih gym sehingga bisa lebih leluasa berolahraga karena banyak gym buka 24 jam.

Olahraga bisa dilakukan pada waktu jelang berbuka puasa. Olahraga sederhana selama lima menit juga bisa kira lakukan di rumah.

Hal sederhana lainnya yang bisa dilakukan, seperti memilih jalan kaki ketimbang berkendara, beribadah di masjid, hingga memilih tangga ketimbang lift.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Tak Perlu Puasa Olahraga di Bulan Ramadhan"

  Loading comments...
berita POPULER
© 2018 TRIBUNnews.com All Right Reserved
Atas