Tribun Kesehatan
TribunJualbeli
Tribunnews.com
Tribun Network
About Us
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
No Thumbnail
Desktop Version

Cegah Dehidrasi saat Puasa dengan 7 Cara Ini

Tubuh kita terdiri dari 70 persen cairan, oleh sebab itu cairan sangat penting untuk mempertahankan fungsi tubuh normal

Cegah Dehidrasi saat Puasa dengan 7 Cara Ini
boldsky

TRIBUNNEWS.COM - Tidak minum selama kurang lebih 12 jam puasa sambil melakukan aktivitas di luar ruangan dapat membuat kita berisiko mengalami dehidrasi.

Meskipun memang, dehidrasi yang terjadi ketika puasa merupakan dehidrasi yang ringan dan tak membahayakan nyawa.

Namun, tetap saja hal tersebut mungkin akan menghambat berbagai aktivitas karena kondisi ini menimbulkan beberapa gejala seperti pusing, sakit kepala, dan tubuh terasa lelah.

Lalu bagaimana agar tak mengalami dehidrasi saat puasa?

Tubuh kita terdiri dari 70 persen cairan, oleh sebab itu cairan sangat penting untuk mempertahankan fungsi tubuh normal. Oleh karena itu, jangan sepelekan kebutuhan cairan kita.

Kita harus memiliki perencanaan sendiri untuk memenuhi kebutuhan tersebut agar tak dehidrasi. Berikut adalah hal-hal yang dapat membantu mencegah dehidrasi saat puasa.

1. Tetap minum air sesuai kebutuhan

Pada dasarnya, kebutuhan cairan setiap orang berbeda-beda – sama seperti kebutuhan kalori. Kebutuhan ini bergantung pada aktivitas serta kondisi fisik dari setiap individu.

Namun, memang rata-rata orang dewasa membutuhkan setidaknya 8 gelas air per hari atau setara dengan 2 liter air. Lalu bagaimana mengatur kebutuhan cairan saat berpuasa?

Kita bisa menerapkan aturan 2-4-2 ketika berpuasa. Hal ini berarti 2 gelas saat sahur, 4 gelas saat berbuka puasa, dan 2 gelas sebelum tidur atau menjelang sahur.

  Loading comments...
berita POPULER
© 2018 TRIBUNnews.com All Right Reserved
Atas